Cara Menanam Bawang Putih yang Baik dan Benar, Dijamin Tumbuh Subur

Sugeng rawuh Kate di Website Kami!

Jakarta – Bawang putih merupakan sayuran yang penting karena sering digunakan dalam masakan sebagai bumbu masakan, sebagai antijamur dan antibakteri, dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penggumpalan darah. Cara Menanam Bawang Putih yang Baik dan Benar, Dijamin Tumbuh Subur

Bawang putih dipilih sebagai tanaman terencana yang memerlukan banyak usaha untuk pemeliharaannya, karena dibutuhkan masyarakat sebagai bahan pangan dan bahan baku industri obat-obatan.

Bagi yang ingin menanam sendiri di rumah, cara menanam bawang putih yang benar dan benar:

Tanah yang bagus untuk menanam bawang putih Festival Budaya Taraf Internasional Akan Digelar di Makassar, Tampilkan Kesenian dari 4 Negara

Mengutip laman Kementerian Pertanian, Kamis 20 Juli 2023, bawang putih tumbuh baik di dataran tinggi. Jika ditanam di tempat tinggi, tanah terbaik untuk tanaman bawang putih adalah tanah berpasir dengan komposisi kering dengan pH 5,5-7.

Jika bawang putih ditanam pada ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut, dengan suhu 15-25 derajat, maka bawang putih akan tumbuh dengan baik.

Saatnya menanam bawang putih

Bawang putih sebaiknya ditanam pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sebelum dipanen, tanaman ini tidak perlu dalam keadaan terlalu basah atau lembab karena dapat membusuk dan kualitas pipa akan menurun.

Sehari sebelum tanam, herbisida disemprotkan ke permukaan bedengan. Penyemprotan herbisida bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan rumput setelah penanaman benih bawang putih, sehingga benih bawang putih akan tumbuh tanpa terganggu oleh pertumbuhan rumput disekitarnya.

Aturan menanam bawang putih

Saat menanam, tanah harus dibasahi 1 hari sebelum tanam. Bibit ditanam dalam 1 (satu) polong pada setiap lubang tanam dengan kedalaman 3 cm dan jarak tanam 10 cm x 10 cm atau 12,5 cm x 12,5 cm. Kemudian dioleskan dengan sedotan setebal 5 cm, lalu dioleskan dengan garpu jerami, air.

Penyiangan mirip dengan metode penyiangan tradisional. Parit tersebut nantinya dapat dibersihkan dari gulma agar bedengan tetap bentuknya.

Pada musim kemarau, penyiraman dilakukan seminggu dua kali. 12-20 hari sebelum panen, hentikan penyiraman. Penyemprotan dengan insektisida dan pestisida dilakukan dua kali seminggu, dimulai pada saat tanaman berumur 21-25 hari.

Insektisida dan herbisida ada dua jenis, yaitu kontak dan sistemik. Cara Menanam Bawang Putih yang Baik dan Benar, Dijamin Tumbuh Subur

Memanen bawang putih

Tanda-tanda bawang putih siap panen adalah umbi terlihat di tanah, sebagian daun menguning, dan batang tanaman mulai rontok. Varietas Lumbu Hijau dapat dipanen dalam waktu 112-120 hari, varietas Tawangmangu dalam 120-140 hari.

Waktu panen menyebabkan umbi cepat menyusut, dan bila terlalu tua umbi cepat busuk. Cara memanen yang terbaik adalah dengan membuang tanaman sekaligus membuang buahnya agar tidak membusuk. Daftar Harga Pangan 12 Februari 2024: Beras, ghee dan minyak goreng kembali naik Harga pangan sebagian besar sudah naik. Hal ini antara lain terjadi pada produksi beras, bawang merah, keju, daging, telur ayam, gula konsumen, dan minyak goreng. Kate pada 12 Februari 2024