METROPOLIS

Kaltim Diharap Konsisten Lahirkan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Pelantikan Forum Pemuda Pelopor Kaltim (FPPK), Rabu (23/11/2022). (Foto: Diskominfo Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar Training of Trainer (TOT).

Kegiatan yang disikapi oleh para Pemuda Pelopor yang mengikuti Training of Trainer (TOT), dilaksanakan guna membentuk sebuah forum yang bertujuan mendukung penyelenggaraan Seleksi Calon Pemuda Pelopor khususnya dalam hal memenuhi ketersediaan Calon Pemuda Pelopor Kalimantan Timur ke Tingkat Nasional.

Tidak hanya itu, kegiatan TOT dilaksanakan menyikapi Kaltim menjadi salah satu provinsi di tanah air yang secara konsisten melahirkan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional dan secara langsung diakui oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI). Ini terbukti dengan pemberian penghargaan kepada Gubernur Kaltim, H Isran Noor sebagai Tokoh Penggerak Kepeloporan Pemuda tahun 2022.

Di mana Penghargaan yang diterima dalam Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 lalu di Titik Nol Ibu Kota Nusantara beberapa waktu lalu.

“Sebagaimana saya sampaikan ketika membuka TOT ini, Pemuda Pelopor adalah mereka yang memiliki manfaat untuk lingkungan sekitarnya. Forum ini menandakan kalian memiliki pemikiran yang luar biasa untuk menjadi bagian dalam pembangunan. Oleh karenanya setelah dilantik, saya minta kalian membuat program yang berkualitas dan konsisten membangun Kaltim Berdaulat,” pesan Agus Tianur selaku Kepala Dispora Kaltim ketika melantik Forum Pemuda Pelopor Kaltim (FPPK), Rabu (23/11/2022).

Ditambahkannya, bahwa hal ini juga upaya untuk membangkitkan kepeloporan pemuda yang positif dan berkesimabungan kepada masyarakat luas, khususnya di Kalimantan Timur.

“Saya harap pengurus dapat menjadi contoh dan bersama-sama melahirkan Calon Pemuda Pelopor di Kalimantan Timur sesuai bidangnya, serta menyosialiasasikannya secara aktif baik secara daring, luring, maupun melalui media massa termasuk media sosial. Mari bersama mewujudkannya,” harap Agus seraya memberikan semangat.

Dalam kesempatan tersebut Rachmad Azazi Rhomantoro terpilih sebagai Ketua didampingi Sulthan Nur Hidayatullah selaku Wakil Ketua. Rezky Sarmina Dewi sebagai Sekretaris dan Utari Octavianty selaku Bendahara dilantik Agus bersama pengurus lainnya di Aula Dispora Kaltim dengan disaksikan pembina Pemuda Pelopor Kaltim diantaranya Rasman, Hardiana Muriyani, Suwardi Sagama dan Rusmulyadi.

Diketahui, Pembentukan FPPKT diinisiasi para peserta TOT pemuda Pelopor yang digelar oleh Dispora Kaltim sejak tanggal 21 November lalu dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 30 orang dari Kabupaten dan Kota se Kaltim serta Pemuda Pelopor Kalimantan Timur dan nasional. (lan)

Comments

POPULER

To Top