METROPOLIS

Pemprov Kaltim Siapkan 10 Ribu Hektare Lahan untuk Food Estate IKN

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dalam dialog jaga pangan. (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, Kate.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menyiapkan 10 ribu hektare lahan untuk food estate. Guna mendukung ketahanan pangan daerah dan kebutuhan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi dalam Dialog Jaga Pangan, sebagai monitoring dan evaluasi Program Kementerian Pertanian di Kaltim, di Ballroom Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Jumat (11/11/2022).

Orang nomor dua di Benua Etam itu menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian serta dukungan atas Program Jaga Pangan sebagai upaya menjaga masa depan.

“Secara umum seluruh kabupaten kita potensial, tapi secara spesifik ada tiga daerah untuk food estate sebagai lumbung pangan kita, yakni Kutai Kartanegara, Paser dan Penajam Paser Utara,” tuturnya.

Hadi menyebutkan total lahan untuk food estate guna membangun ketahanan pangan Kaltim dan Ibu Kota Nusantara sekitar 10 ribu hektar lebih. Meliputi Kutai Kartanegara seluas 8 ribu hektar lebih, Penajam Paser Utara dan Paser sekitar 2.500 hektare lebih.

“Tetapi ini tidak seperti model daerah lain, sebab bentuknya spot-spot, jadi tidak dalam satu hamparan,” tambah mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini.

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Dr Jan S Maringka mengungkapkan Program Jaga Pangan fokus pada program strategis, prioritas, dan super prioritas. Di antaranya membangun sinergi APIP dan aparatur penegak hukum (APH) untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Selain itu, mewujudkan pembangunan pertanian tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran. Juga, membangun sistem pelaporan terintegrasi agar akses informasi pembangunan pertanian didapat secara cepat, tepat, dan akurat.

“Terpenting lagi adalah membangun kemitraan strategis dan sinergi dengan stakeholder bidang pertanian. Mulai dari kementerian, lembaga, pemerintah pusat dan daerah, TNI, Polri hingga aparat penegak hukum di daerah,” terangnya. (lan/advdiskominfokaltim)

Comments

POPULER

To Top