WISATA

Pemprov Kaltim Tetapkan Pariwisata Tiga Danau sebagai Dedikasi Program Unggulan

Danau Jempang yang menjadi salah satu lokasi Desa Muara Enggelam, merupakan satu dari tiga danau yang menjadi program unggulan pariwisata Pemprov Kaltim. (Foto: Diskominfo Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim telah menetapkan pengembangan pariwisata tiga danau sebagai dedikasi program unggulan. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Kepariwisataan di Hotel Mercure, Rabu (26/10/2022).

Diketahui, FGD yang merupakan inisiasi Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim itu mengangkat tema Pengembangan Pariwisata Tiga Danau yang terintegrasi. Sri menuturkan, FGD Kepariwisataan terkait dengan integrasi pengembangan tiga danau yang merupakan dedikasi program unggulan Gubernur Kaltim. Tiga danau itu adalah Danau Semayang, Danau Melintang, dan Danau Jempang.

Masuknya tiga danau ini sebagai program unggulan, jelas Sri, lantaran memiliki kekayaan biodiversitas dan keanekaragaman hayati sungai. Mulai dari potensi ikan, kemudian flora dan fauna yang konon bila dikelola dengan baik bakal menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru Kaltim di wilayah tengah.

“Ini yang mau dikelola danau yang luasnya 11 ribu hektare, 15 ribu hektare, serta 13 ribu hektare. Yang menghidupi masyarakat di wilayah tengah Kaltim, Kukar, Kubar, Mahulu yang keanekaragaman hayatinya digunakan untuk menyuplai pasokan ikan di Kabupaten Kota lain,” terangnya. (lan/advdiskominfokaltim)

Comments

POPULER

To Top