METROPOLIS

Fasilitasi Pelaku Seni, Pekan Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia Digelar di Kaltim

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi (tengah) dalam pembukaan TKTB XXI. (Foto: Diskominfo Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Pekan Temu Karya Taman Budaya (TKTB) Se-Indonesia XXI digelar di Kaltim, 19 sampai 23 September 2022. TKTB 2022 di tanah Kalimantan ini mengangkat tema “Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri, Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku”.

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, TKTB 2022 di Bumi Etam diadakan untuk memberikan ruang dan memfasilitasi pelaku seni dan budaya di daerah dari berbagai bidang dan juga lintas generasi. Perhelatan ini merupakan ruang diplomasi antarwilayah dalam rangka mewujudkan kerja sama di bidang kebudayaan dan bersama-sama berupaya memulihkan ekonomi negeri.

“Kegiatan ini adalah tanda bangganya kita dengan budaya Indonesia, sekaligus tanda persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Hadi.

Orang nomor dua di Benua Etam ini mengajak seluruh pihak untuk lebih rutin mengadakan acara serupa. Baik secara nasional, provinsi, bahkan kabupaten/kota. Supaya eksistensi Taman Budaya yang tersebar di seluruh penjuru negeri dapat makin dikenal keberadaannya secara luas.

Kata Hadi, Taman Budaya sebagai rumah pelestarian harus mampu dirasakan tidak hanya oleh pelaku seni budaya, tetapi juga oleh masyarakat luas. Karena itu pemanfaatan dan pengembangan seni budaya tidak hanya bagi pelaku seni budaya, tapi juga masyarakat secara umum.

“Acara seperti ini harus lebih diaktifkan. Tak hanya Nasional namun juga di tiap Provinsi dan Kabupaten Kota. Semoga Temu Karya ini tak hanya memberikan informasi namun juga melahirkan inovasi yang bermanfaat untuk Indonesia seluruhnya,” sambungnya.

TKTB 2022 ini sendiri dirangkai menjadi beberapa kegiatan dan berpusat di Halaman UPTD Taman Budaya Provinsi Kaltim Jalan Kemakmuran, Samarinda. Berbagai kegiatan tersebut di antaranya Pertunjukkan Seni dan Budaya di Arena Panggung Utama, Gelaran Teater dari perwakilan Taman Budaya se-Indonesia, Pameran Seni Rupa, Bazar, hingga Susur Sungai Mahakam di penghujung acara TKTB 2022. (lan/advdiskominfokaltim)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top