METROPOLIS

Pemberdayaan Kualitas SDM, Disdikbud Kaltim Gandeng ITS Terapkan Kurikulum Dual Track

Penandatanganan kerja sama antara Disdikbud Kaltim dan ITS. (Foto: Diskominfo Kaltim)

SURABAYA, Kate.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim mengadopsi program Double Track. Sebagai tindak lanjut pelaksanaan program inovasi Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMA, SMK dan SLB di Kaltim.

Dalam pelaksanaannya, Disdikbud Kaltim menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kepala Disdikbud Kaltim Muhammad Kurniawan menuturkan, Kurikulum Dual Track tersebut dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakulikuler yang tersistem, terarah, terukur dan berkelanjutan untuk menjawab masalah bagi lulusan sekolah Menengah di Kaltim yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi dengan memberikan tambahan kompetensi di bidang keterampilan (life skill) sebagai program sekolah untuk bekal hidup di masyarakat.

“Program Dual Track sebagai salah satu upaya memberdayakan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi para siswa SMA, khususnya yang tidak berkesempatan untuk berkuliah,” tuturnya.

Program ini, lanjutnya, juga merupakan upaya Disdikbud Kaltim untuk dapat meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi. Karena apabila para lulusan SMA dibekali dengan keterampilan dan keahlian, mereka akan lebih mudah diterima di dunia usaha, industri, maupun wirausaha setelah lulus nanti.

“Sedangkan bagi anak-anak kami yang melanjutkan kuliah, akan menjadi bekal bagi mereka untuk dapat bersaing dengan mahasiswa lainnya,” tuturnya.

Di sisi lain, sebagai provinsi terbesar kedua di Indonesia sekaligus tempat Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, program ini mendukung masyarakat asli Kaltim untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN nantinya.

“Jangan sampai sebagai tuan rumah, masyarakat Kaltim hanya berperan sebagai penonton. Oleh karena itu, kami mengajukan kerja sama bersama ITS,” lanjutnya.

Sementara itu Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati mengatakan, ITS akan mendukung penuh Program Dual Track yang akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur. Pihaknya akan menyiapkan pemateri dari berbagai pihak yang kompeten di bidangnya untuk turut menyukseskan program ini.

“Terima kasih telah mempercayai ITS untuk mengembangkan kualitas SDM di Kaltim,” pungkasnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top