POLITIK

Menteri BUMN Erick Thohir Masuk Rekomendasi Capres PAN Kaltim

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Sejumlah nama populer masuk daftar rekomendasi calon presiden (Capres) dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim. Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Gubernur Kaltim Isran Noor.

Nama-nama itu mencuat dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II PAN Kaltim, Jumat (19/8/2022) di Hotel Harris Samarinda, dalam agenda penentuan rekomendasi capres.

PAN Kaltim secara kolektif telah menentukan lima nama yang akan disodorkan ke pusat sebagai capres dan atau cawapres dari partai berlambang matahari itu.

Di urutan pertama ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, disusul Menteri BUMN Erick Thohir. Kemudian Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan. Lalu Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di urutan keempat. Isran Noor dipilih sebagai sosok lokal yang diajukan ke pusat, berada di daftar nomor lima.

Menurut Ketua DPW PAN Kaltim Sigit Wibowo, nama Ganjar Pranowo yang sudah sejak awal masuk bursa capres termasuk yang difavoritkan. Namun kalah suara dari empat nama tokoh nasional lainnya.

Proses penjaringan ini sendiri, dimulai dari tingkat DPC. Kemudian tiap DPD merumuskan sepuluh nama, dan difinalisasi pada rakerwil.

“Namanya aspirasi, semua kami akomodasi. Tetapi dipilih yang terbanyak dukungannya,” kata Sigit.

Foto bersama Rakerwil PAN. (Foto: istimewa)

Kelima nama tersebut, selanjutnya diusulkan ke DPP PAN saat rakernas pada 26-29 Agustus mendatang di Jakarta.

“Rekomendasi calon presiden dan wakil presiden hasil rakerwil kami serahkan ke DPP untuk dipilih,” lanjut Sigit.

Secara teknis DPW PAN Kaltim sudah menyelesaikan prosesi ‘PAN Memilih’. Yakni agenda internal di mana seluruh DPW melalui penjaringan bertahap menyetorkan lima nama kandidat pilihan kader tiap daerah.

Nantinya DPW PAN akan mengerucutkan 3 nama di rakernas, lalu dikomunikasikan dengan partai koalisi dan didaftarkan menuju Pemilu 2024. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top