SEPAK BOLA

Pemprov Kaltim Apresiasi Rencana Pembangunan Pusat Pelatihan Sepak Bola di IKN

Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur. (Foto: Diskominfo Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim mengapresiasi rencana Pemerintah Pusat membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Tianur, Jumat (5/8/2022).

“Rencana pembangunan akan berada wilayah IKN, keterlibatan Provinsi Kaltim tidak terlalu menonjol. Namun, pada sisi lain ini berimbas kemajuan persepakbolaan di Benua Etam,” sebutnya.

Diharapkan dengan adanya rencana itu kita bisa memaksimalkan fungsi Stadion Palaran. Dalam hal ini Pemprov Kaltim membangun Stadion Utama Palaran pada tahun 2008 untuk pegelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII.

Pembangunan Kompleks olahraga yang dilengkapi sejumlah venue olahraga mulai dari stadion utama, gedung olahraga bulu tangkis, lapangan tenis, stadion akuatik, bisbol, panjat tebing, hingga sirkuit sepatu roda ini kini kian minim aktivitas.

Karenanya Agus mengutarakan kurang setuju jika Stadion Utama Palaran disebut terbengkalai sekalipun secara fungsional kurang maksimal. Sebab, venue-venue itu sebenarnya masih digunakan pelajar Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI).

“Saya optimistis ke depan kompleks stadion utama akan bermanfaat ke depannya. Apalagi pemerintah pusat bakal menjadikan stadion ini sebagai ikon IKN karena jaraknya tak jauh keluar pintu tol. Dengan begitu, harapannya stadion di Kaltim dapat hidup lagi dan fungsional,” terangnya.

Sebelumnya rencana pembangunan pusat pelatihan itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta belum lama ini.

“Bapak Presiden setelah melihat perkembangan Sepak Bola Nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan Training Camp Sepak Bola kita, di situ semuanya sudah lengkap dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru,” urai Menpora Zainudin Amali. (advdiskominfokaltim/luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top