Uncategorized

Kecamatan Muara Kaman Terus Kembangkan Potensi UMKM pada Produk Olahan Warga

Camat Muara Kaman Barliang. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARAI, Kate.id – Pemerintah Kecamatan Muara Kaman terus mendukung pengembangan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal warga. Dengan banyaknya UMKM produk olahan makanan yang dibuat oleh warga setempat, Kecamatan Muara Kaman bakal mengembangkan potensi tersebut menjadi produk unggulan.

Hal ini diungkapkan Camat Muara Kaman Barliang kepada awak media belum lama ini. Di antara produk unggulan tersebut adalah makanan khas dari Muara Kaman seperti sanggar saput dan juga Jahe.

“Jahe ini yang besar potensinya. Ketika diolah kembali menjadi hidangan siap saji, dan jahe merah sangat banyak di Muara Kaman,” jelas Barliang.

Saat ini Muara Kaman juga tengah mengembangkan produk olahan hasil tani, yang dikembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT). Produk tersebut adalah keripik, krupuk, dan lainnya serta kopi. Tetapi, olahan jahe juga tetap diteruskan perkembangannya. Hingga saat ini sudah ada sebanyak tiga desa yang melakukannya.

Terkait pemasaran, Barliang mencoba mempromosikannya dengan membawa produk ketika ada kegiatan dinas. Tak hanya promosi pada kegiatan, olahan makanan di Muara Kaman juga memiliki pelanggan tetap di Tenggarong.

“Beberapa waktu lalu dipromosikan oleh Polsek Muara Kaman dengan membawa minuman jahe kami untuk dibawa ke Polda Kaltim. Dan saat itu ada sekira seratus pak,” sambungnya.

Lanjut Barliang, kesempatan ini dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat setempat. Yang akan membuat perekonomian berjalan lancar dan meningkat. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kecamatan Muara Kaman, Barliang sampaikan mendukungan perkembangan UMKM dengan kerjasama Pemdes juga.

“Kami berpesan kepada Pemdes supaya bisa memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM. Apa yang dibutuhkan pelaku UMKM dari desa tolong dianggarkan melalui ADD. Kami ingin ke depannya mengambangkan potensi UMKM yang ada,” bebernya.

“Kami juga berharap kepada pemerintah daerah yang berkaitan dengan UMKM, supaya ke depannya UMKM kami berjalan dengan lancar, dan ada pembinaan dari pemerintah daerah,” tutup Barliang. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top