METROPOLIS

DPMPTSP Kaltim Harapkan Kolaborasi Investasi Dongkrak Pariwisata Daerah

Realisasi Investasi Kaltim Signifikan, Target Naik Jadi Rp54 Triliun
Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto.

DENPASAR, Kate.id – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengharapkan kolaborasi investasi bisa mendongkrak pariwisata Kaltim.

Diketahui, keunggulan destinasi wisata di Pulau Dewata menjadikan banyak investor yang berinvestasi di sana. Padahal, tak hanya di Bali saja, Kalimantan Timur memiliki wisata yang tak kalah cantik dan bahkan tak dimiliki oleh wilayah manapun seperti Bali maupun di negara lain.

Salah satunya adalah pesona wisata yang ada di Kabupaten Berau. Meski begitu, Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto menyayangkan hingga saat ini keindahan tersebut belum menjadi prioritas Nasional.

Karena itu, dirinya berharap adanya kolaborasi investasi dari Pemerintah dan Swasta bisa dilakukan agar mendongkrak pariwisata yang ada di Kaltim.

“Kita tahu Berau punya wisata pantai dan bawah laut populer. Mestinya bisa didukung infrastruktur dan sarana penunjang kepariwisataan lainnya. Terutama dukungan kolaborasi investasi dari pemerintah dan swasta, agar Berau bisa jadi prioritas wisata Nasional,” harap Puguh pada kegiatan Investment Regional Forum di Bali.

Puguh menyebut dukungan Kementerian untuk infrastruktur, khususnya akses menuju destinasi kepariwisataan diperlukan. Terlebih, Berau merupakan Kabupaten perbatasan dan memiliki pulau-pulau terluar.

Selain dari Pemerintah, lanjut Puguh, pihaknya juga akan memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha di Bali terkait potensi pariwisata di Kalimantan Timur, terkhusus di Berau. Selain Maratua dan Derawan, pengembangan pariwisata selanjutnya juga akan dikembangkan ke Pulau Kaniungan yang masih bersih dan alami.

Dirinya menambahkan dengan berbagai keunggulan pariwisata luar biasa yang dimiliki Berau, para pengusaha Bali bisa mendesain paket-paket wisata yang menarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kita juga undang beberapa negara yang sudah berinvestasi di Bali agar bisa meneruskan investasi mereka ke Kaltim. Diharapkan pariwisata antara Bali dan Berau akan terus terhubung dan meningkat dalam beberapa waktu ke depan,” serunya. (advdiskominfokaltim/lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top