METROPOLIS

Hadiri Expo Apkasi, Pemkab Kutai Kartanegara Usung Konsep Digitalisasi Pemerintahan

Stan Kabupaten Kutai Kartanegara pada Otonomi Expo Apkasi 2022. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali menggelar Otonomi Expo (AOE) 2022. Setelah absen dua tahun akibat Pandemi Covid-19.

Dengan mengusung konsep Digitalisasi VR 3D Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) turut berpartisipasi pada kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (20/7/2022) kemarin.

Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin mengatakan, Kukar sebagai daerah yang wilayahnya masuk sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, harus menunjukkan semua potensi wisata yang dimiliki. Dan melalui investasi yang bisa dikelola melalui digitalisasi VR 3D yang berkolaborasi antara Pemkab Kukar dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) diharapkan dapat mempromosikan dan memajukan UMKM di Kukar.

“Kami berharap pengunjung dapat melihat gambaran secara jelas tentang Kabupaten Kukar yang menjadi salah satu bagian dari IKN dan lebih jauh dapat berinvestasi di Kabupaten Kukar,” ujar orang nomor dua di Kota Raja tersebut.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kukar Bambang Arwanto mengatakan bahwa melalui expo ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah untuk bagaimana bisa menerapkan pemerintahan berbasis digital.

Dan dalam expo ini, Pemkab Kukar menghadirkan tiga konsep yang diusung. Yakni pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

“Dengan VR 3D, semua informasi ditampilkan secara digital dan terkoneksi melalui website sehingga tidak ada kendala antara peminat investasi dan kita sebagai penyedia investasi karena semua sudah bisa diakses secara digital,” terang Bambang. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top