METROPOLIS

Gubernur Tegaskan Komitmen Tinggi Kaltim dalam Pembangunan Ekonomi Hijau

Gubernur Kaltim Isran Noor saat wawancara dengan wartawan media nasional. (Foto: Banhubprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Gubernur Isran Noor menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dalam pembangunan ekonomi hijau di Kaltim. Hal itu disampaikannya dalam wawancara bersama salah satu media nasional, Kamis (30/6/2022).

“Yang jelas kami, pemerintah daerah bersama masyarakat Kaltim berkomitmen tinggi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan hutan di Kaltim. Termasuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang rendah emisi atau ekonomi hijau,” sebut Isran.

Penegasan itu bukan tidak beralasan. Lantaran memang Kaltim menjadi provinsi pertama dan pionir di Indonesia dalam melakukan pembangunan berkelanjutan yang rendah emisi (ekonomi hijau).

Hal itu ditunjukkan melalui program Forest Carbon Partnership Facility-Carbon Fund (FCPF-CF) yang didanai oleh negara-negara donor melalui World Bank/Bank Dunia.

Dalam waktu dekat Pemprov Kaltim bersama masyarakat sedang menunggu pembayaran insentif dari Bank Dunia atas hasil pengukuran penurunan emisi karbon tahap pertama (Juli-2019-Juni 2020) yang mencapai 25 juta ton CO2e atau senilai USD125 juta jika lolos verifikasi. (advdiskominfokaltim/lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top