METROPOLIS

Artis Kondang Tampil di HUT Ke-57 Sebulu, Ikut Gerakkan Perekonomian Masyarakat

Potret Jajaran Pemkab Kukar saat Menghadiri Perayaan HUT Sebulu Ke-57 yang dimeriahkan Yeni Inka. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Puncak perayaan HUT ke-57 Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses dilaksanakan, Ahad (26/6/2022) kemarin di Desa Manunggal Daya. Dengan mendatangkan artis kondang yang sedang naik daun asal Jawa Timur, Yeni Inka, perayaan ini berlangsung sangat meriah.

Berdasarkan pantauan media Kate.id saat menuju lokasi kegiatan di sore hari, antusias masyarakat dari luar Sebulu terbukti dengan padatnya lalu lintas dan penyeberangan feri Serbaya-Sebulu Modern yang tanpa henti mengantarkan pelanggan. Baik itu masyarakat asal Tenggarong, Muara Kaman hingga Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang, semuanya menuju Lapangan Desa Manunggal Daya.

Setibanya pada lokasi kegiatan yang luas itu, parkiran, rumah warga hingga lapangan terpadati masyarakat yang semangat melihat penampilan Yeni Inka di panggung. Camat Sebulu Edy Fahruddin mengatakan kegiatan ini takkan berhasil tanpa kerja kolaborasi dengan semua unsur masyarakat.

“Ini semua karena koordinasi antar-Kades, pelaku usaha, tokoh masyarakat dalam mengadakan kegiatan HUT. Dan juga ini bagian dari menyukseskan program visi misi Kukar Idaman. Mewujudkan Kukar bahagia dan sejahtera, inilah bentuk untuk membahagiakan masyarakat kita,” beber Edy.

Berdasarkan keinginan warga yang terhibur dan menginginkan kegiatan semacam ini diadakan lagi, Edy menegaskan kegiatan ini akan berlanjut lagi pada tahun mendatang. Dirinya mengungkapkan akan berkoordinasi lagi dengan pemangku kepentingan Kecamatan terkait hal tersebut.

“Karena setelah melihat hari ini, dapat dihat perekonomian rakyat kita sangat bagus. Yang berjualan ada yang beli artinya peningkatan ekonomi kerakyatan kita sudah bisa menaikkan UMKM kita lagi,” terangnya.

Seremonial Pembuka Kegiatan dengan melepaskan balon yang dilakukan Bupati dan Wabup Kukar Edi Damansyah dan Rendi Solihin. (Foto: Elmo/Kate.id)

Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati (Wabup) Rendi Solihin turut senang atas diselenggarakannya kegiatan ini. Terlebih akibat terkendalinya pandemi Covid-19 akhir-akhir ini, dia juga meminta langsung kepada masyarakat terus gencarkan vaksinasi dosis ketiga guna kelancaran kegiatan semacam ini di Kukar.

“Harapan kami semua bahwa vaksin dosis ketiga harus mencapai 70%, sehingga kegiatan bisa lebih luas lagi seperti sejak kala,” jelasnya.

Tak lupa Edi juga sampaikan penghargaan terima kasih kepada Camat Sebulu, Kades Manunggal Daya yang sudah menjadi tuan rumah festival HUT Sebulu pertama ini. Karena hampir dua tahun setengah ini segala aktivitas masyarakat terbatas, pun sama halnya dengan hiburan masyarakat yang minim.

“Saya berharap para camat agar kreativitas terus dilakukan seperti yang dilakukan Camat Sebulu ini, kerja kolaborasi, libatkan semua pemangku kepentingan, jajaran masyarakat, tiada persoalan yang tidak bisa kita tangani dan tidak ada kegiatan yang tidak bisa terlaksanakan,” urainya.

“Karena semangatnya bersama, dengan tagline Betulungan Etam Bisa,” ucap orang nomor satu di Kota Raja tersebut.

Suksesnya kegiatan ini juga disebut sebagai tolok ukur Kecamatan lain di Kukar. Sejalan juga dengan program prioritas Kukar Idaman, Kukar Kaya Festival (K3F). Kesuksesan event berperan penting, hingga menghasilkan multiplier effect dan berputarnya roda ekonomi masyarakat.

“Makanya untuk kemaksimalan kegiatan serupa, saya imbau agar masyarakat secepatnya melakukan vaksinasi dosis ketiga. Karena harapan kita bisa memberikan wadah. Interaksi kepada pelaku UMKM, efek multipliernya banyak orang berkumpul, warga masyarakat berjualan usaha, hingga masyarakat maju,” tegas Edi.

Wabup Kukar Rendi Solihin juga menyebut kegiatan ini adalah tolok ukur K3F. Dan ke depan Pemkab Kukar akan melaksanakan kegiatan serupa di Kecamatan lain karena telah menjadi kalender Kabupaten.

“Nanti di akhir tahun kami akan adakan expo juga, mungkin di Tenggarong. Yang tentunya akan mendatangkan artis luar juga hingga meriah seperti hari ini,” tutup Rendi. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top