KULINER

Nasi Goreng Indonesia, Kuliner Populer dari Sarapan hingga Makan Malam

Nasi Goreng Indonesia, Kuliner Populer dari Sarapan hingga Makan Malam
Nasi Goreng. (Foto: Shutterstock/Ariyani Tedjo)

SIAPAPUN warga Indonesia pasti pernah mencicipi kuliner nasi goreng. Makanan yang dinobatkan sebagai runner up dalam “World’s 50 Most Delicious Foods” versi CNN International ini, akrab ditemui dalam menu sarapan maupun makan malam masyarakat Indonesia.

Keakraban nasi goreng dengan masyarakat membuatnya mudah ditemui, mulai dari gerobak kaki lima hingga restoran bintang lima. Uniknya, dalam daftar tersebut nasi goreng tidak dilampirkan sebagai fried rice, melainkan nasi goreng khas Indonesia.

Jika rendang mendapatkan pengaruh dari India, nasi goreng ternyata tersebar melalui pengelana dan pedagang Tiongkok yang singgah di Indonesia. Terciptanya nasi goreng berawal dari kebiasaan masyarakat di Tiongkok yang tidak mau membuang sisa makanan yang tidak habis disantap.

Nasi goreng ini juga merupakan bekal murah yang bisa dibuat pengelana menggunakan nasi dan lauk sisa yang dimasak kembali.

Persebaran nasi goreng faktanya bukan hanya di Indonesia, namun juga beberapa negara lain, seperti Jepang dan Korea Selatan. Namun keunikan sekaligus perbedaan nasi goreng di Indonesia dan negara lain ada pada jenis nasi dan bumbunya.

Di Indonesia, nasi goreng menggunakan bumbu yang lebih tajam, sehingga cita rasanya lebih kuat. Di wilayah lain, nasi goreng umumnya hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, lada, dan kecap saja.

Di Indonesia sendiri ada berbagai variasi nasi goreng. Masing-masing varian memiliki cita rasa tersendiri, dan umumnya telah dipengaruhi oleh bumbu-bumbu lokal.

Ragam nasi goreng khas Indonesia yang populer di antaranya; nasi goreng jawa, nasi goreng sunda, nasi goreng mawut, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng petai, dan nasi goreng seafood. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top