WISATA

Kecamatan Muara Kaman Bakal Kelola Situs Lesong Batu Jadi Kawasan Wisata

Pemerintah Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bakal mengelola area Situs Candi Lesong Batu menjadi kawasan wisata.
Situs Lesong Batu di Kecamatan Muara Kaman. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bakal mengelola area Situs Candi Lesong Batu menjadi kawasan wisata. Situs ini sendiri merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Kutai Hindu yang terletak di Desa Muara Kaman Ulu.

Beberapa bulan yang lalu pengelolaan situs ini telah dialihkan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar kepada Pemerintah Kecamatan Muara Kaman. Camat Muara Kaman Barliang mengatakan Muara Kaman memiliki sedikit wisata. Melalui Lesong Batu, diharapkan dapat menggali potensi pariwisata kecamatan.

“Di Muara Kaman kami memiliki potensi paling terbesar. Jadi dengan Lesong Batu kami ingin angkat Muara Kaman, karena selama ini Muara Kaman tertinggal,” ungkap Barliang.

Ke depan, Barliang bersama jajaran dan Kapolsek, Danramil, dan tokoh adat, akan duduk bersama guna mengambil langkah dan menyatukan hati nurani bersama. Untuk bagaimana dapat mengangkat nama Muara Kaman.

“Kami sudah merancang untuk pembuatan pagar, kemudian taman, dan mengajak para tokoh adat untuk memunculkan lagi budaya-budaya kita lainnya,” terangnya.

Tetapi untuk mewujudkan kemaksimalan potensi wisata tersebut, Barliang membutuhkan pembenahan infrastruktur jalan. Dia berharap Bupati dan Wakil Bupati dapat membantu untuk perbaikan infrastruktur jalan menuju situs Lesong Batu.

“Karena infrastruktur jalan sangat dominan, artinya harus diperbaiki. Karena setiap ada kunjungan dari saudara-saudara kita khususnya dari Bali dan kami sangat sedih melihat jalan itu,” beber Barliang.

“Setiap tahun orang Bali dan juga dari Yogyakarta mengunjungi situs tersebut, namun kita belum bisa memberikan yang terbaik disaat kondisi seperti jalan seperti sekarang ini,” tambahnya.

Tahun depan Barliang berencana memulai pembangunan kawasan wisata ini. Dimulai dengan mendirikan pagar di sekeliling situs. Ditambah fasilitas lainnya untuk menopang kawasan wisata di area tersebut. Hal ini diharapkan mengundang pelancong wisata hingga menghasilkan penghasilan asli daerah (PAD). (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top