METROPOLIS

Kelurahan Bukit Biru Sedekah Bumi, Wujud Syukur Hasil Panen Melimpah

Kelurahan Bukit Biru Sedekah Bumi, Wujud Syukur Hasil Panen Melimpah
Camat Tenggarong Sukono (Baju Batik) bersama Lurah Bukit Biru Miseri (Baju Coklat) dan Perwakilan Kesultanan Kukar Ing Martadipura dengan DPMD Kukar. (istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar kegiatan Sedekah Bumi pada Selasa (21/6/2022) malam. Setelah selama dua tahun kegiatan ini tidak terlaksana akibat pandemi.

Kegiatan ini adalah adat Jawa yang merupakan suku mayoritas warga di Kelurahan Bukit Biru. Yang diadakan sebagai bentuk bersyukur kepada Tuhan YME atas hasil tani yang melimpah.

Dengan gunungan sayur-mayur dan makanan yang diolah warga dari hasil panen. Semua itu dilimpahkan kembali kepada warga secara cuma-cuma untuk dinikmati bersama. Seperti diungkap Lurah Bukit Biru Miseri sebagai wujud bersyukur mereka.

“Jadi ini keinginan tokoh masyarakat dan warga yang semenjak turun temurun adat istiadat yang tidak pernah dilupakan,” beber Miseri.

Selain sebagai bentuk bersyukur warga dengan sedekah bumi, kegiatan ini juga dibalut tampilan seni tari dan musik khas suku Jawa seperti jaranan. Dengan mendatangkan PKL dan UMKM, Miseri juga menyebut ini untuk membahagiakan warga sekitar.

“Tujuan saya membahagiakan dan menyejahterakan masyarakat Bukit Biru. Sesuai visi misi Bupati, Kukar Idaman. Yakni mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan bahagia,” jelasnya.

Ke depan Miseri berharap melalui kegiatan ini warga Bukit Biru dapat menambah keimanan dan meningkatkan rasa syukur mereka atas hasil kerja keras dalam bertani kepada Tuhan YME.

“Semoga diberi rahmat, taufik dan hidayah bagi kita semua,” tutupnya.

Sementara itu Camat Tenggarong Sukono yang juga menghadiri kegiatan ini bersyukur atas diselenggarakannya Sedekah Bumi. Atas nama Pemerintah Kecamatan, dia menyampaikan penghargaan dari jajarannya dengan terus mendukung agenda rutin ini.

“Sedekah bumi ini adalah salah satu agenda tahunan yang insyaallah akan dilaksanakan terus. Dan kami selalu mendukung dengan kegiatan-kegiatan ini, karena ini adalah bentuk rasa syukur warga,” ujar Sukono.

Ke depan pihaknya mendukung penuh kegiatan semacam Sedekah Bumi ini. Bahkan menurut dia setiap Kelurahan seharusnya memiliki kegiatan seperti ini. Sehingga kelestarian wujud bersyukur ini akan diketahui generasi mendatang.

“Harapan saya kegiatan ini tetap dilestarikan ke depannya, sehingga masyarakat mengetahui makna sebenarnya. Sedekah bumi itu adalah ucapan rasa syukur kita kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan kepada masyarakat Bukit Biru ini,” pungkas Sukono. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top