EKONOMI & BISNIS

Gerakkan Perekonomian Rakyat, Kecamatan Sebulu Gelar Festival UMKM Kreatif

Gerakkan Perekonomian Rakyat, Kecamatan Sebulu Gelar Festival UMKM Kreatif
Persiapan Panggung dan Stand UMKM di Lapangan Desa Manunggal Daya. (Foto: Dok. Camat Sebulu)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Sebagai event ketiga dalam rangkaian perayaan HUT Ke-57 Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Festival UMKM Kreatif Sebulu akan dilaksanakan pada Sabtu (18/6/2022) mendatang di Desa Manunggal Daya.

Camat Sebulu Edy Fahruddin menjelaskan, event ini bertujuan menggerakkan perkonomian rakyat Sebulu. Mengingat dua tahun terakhir Pandemi Covid-19, dirinya bersama jajaran berharap ini dapat menjadi perputaran roda ekonomi kerakyatan desa.

“Dengan mendatangkan pelaku usaha asli Sebulu. Kami memfasilitasi mereka agar mendapatkan penghasilan dari kegiatan ini,” beber Edy saat dihubungi Kate.id, Kamis (16/6/2022).

Sebut Edy, nanti akan ada 30 stan yang disediakan bagi para pelaku usaha. Bahkan di antara 20 stan tersebut akan digratiskan dari biaya penyewaan. Sedangkan bagi 14 Desa yang ingin mengisi akan disediakan satu stan bagi tiga pedagang kaki lima (PKL).

“Kami juga melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha di Festival UMKM Kreatif ini. Seluruh desa yang memiliki Kelompok Wanita Tani (KWT) akan membuat jamu dan akan kami tampilkan,” jelasnya.

Camat Sebulu Edy Fahruddin. (Foto: Elmo/Kate.id)

Festival yang perdana diadakan ini juga digadang-gadang sebagai event terbesar di Sebulu. Bahkan dengan bantuan Bupati dan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah dan Rendi Solihin, pada 26 Juni penyanyi yang sedang naik daun asal Jawa Yeni Inka turut tampil menghibur warga.

“Ini merupakan kerja kolaborasi jajaran Pemkab Kukar,” sambung Edy.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 15 hari. Dengan menyediakan stan UMKM sebagai fasilitas berusaha warga. Kecamatan Sebulu juga menyediakan berbagai hiburan bagi warga, mulai dari seni budaya musik, tari, olahraga hingga kegiatan religius.

Edy menegaskan festival ini juga akan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tempat cuci tangan dan cek suhu badan akan dipersiapkan bagi pengunjung.

“Festival ini memang dikhususkan bagi warga Sebulu. Tetapi kami tidak tertutup apabila masyarakat Kukar ingin datang,” tegasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top