OLAHRAGA

Kejurprov Renang Digelar di Kutai Kartanegara, Diharapkan Jadi Evaluasi Persiapan Porprov

Kejurprov Renang Digelar di Kutai Kartanegara, Diharapkan Jadi Evaluasi Persiapan Porprov
Suasana Para Atlet saat Bertanding di Kolam Renang Junjung Buyah Stadion Rondong Demang Tenggarong. (Foto : Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Setelah dua tahun vakum akibat Pandemi Covid-19, Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Kalimantan Timur (Kaltim) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) resmi diselenggarakan kembali.

Kejurprov digelar di Kolam Renang Junjung Buyah Stadion Rondong Demang Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (11/6/2022).

Atas suksesnya kegiatan yang diadakan sampai besok ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali Husni menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Karena dalam menyukseskan kegiatan ini, jajarannya berupaya maksimal dalam menyediakan fasilitas kolam renang.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi seluruh fasilitas-fasilitas di kolam renang. Karena kami berharap dari penyelenggaraan ini atlet renang di Kukar mampu berprestasi dan bersaing,” ungkap Ali.

Dari pertandingan kejuaraan ini, dia juga berharap atlet lokal dapat melihat kekuatan maupun kemampuan atlet kabupaten dan kota lainnya yang juga akan bertanding dalam Porprov mendatang. Dengan itu, kawan-kawan pengurus maupun atlet cabor renang dapat melakukan evaluasi.

“Dengan kekuatan ini menjadi evaluasi juga bagi kawan-kawan pengurus PRSI Kukar. Bagaimana nanti mereka mempolakan pembinaan terhadap atlet-atlet di Kukar,” jelasnya.

Berhubungan dengan pengembangan atlet asli putra-putri daerah, Ali menyebut jajarannya akan komunikasi lebih lanjut kepada OPD terkait. Salah satunya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dalam mencari bibit di sekolah, untuk mengukir prestasi bagi atlet-atlet Kukar.

“Kami berharap dengan prestasi di Kejurprov ini menjadi evaluasi kita bersama meningkatkan kerja sama dengan OPD terkait. Karena kalau tidak dilakukan secara bersamaan pola pembinaan ini tidak kuat,” terangnya.

“Prestasi juga akan tidak bisa kita raih dengan baik. Dengan adanya kolaborasi antar Dispora, Disdikbud dan PRSI tentunya akan menghasilkan atlet muda di Kukar untuk berprestasi di event selanjutnya,” sambung Ali.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni (kiri) Bersama Ketua Umum KONI Kukar, Rahman (tengah) dan Ketua PRSI Kukar, Alfian Noor saat Menghadiri Kejurprov Renang. (Foto: Elmo/Kate.id)

Sementara itu Ketua PRSI Kukar Alfian Noor mengatakan, kejuaraan ini salah satu dari bagian pembinaan atlet renang menjelang Porprov Kaltim di Berau nanti. Juga untuk mencari bibit baru dalam pelaksanaan olahraga renang. Terutama pada kegiatan yang diikuti 286 perenang dari delapan kabupaten/kota di Kaltim ini.

“Ini menjadi motivasi dan dorongan bagi kami. Mengingat klub renang kita yang masih kecil ini. Ke depannya akan kami dorong,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar tersebut.

Untuk saat ini, beber Alfian, struktur klub-klub renang di Kukar hanya ada tiga klub. Ke depan akan lebih didorong bagaimana dapat bertambah.

“Ini misi kami. Kalau bisa ada dua sampai tiga klub baru yang ada,” tegasnya.

Alfian juga turut menyebutkan persiapan Porprov nanti. Dia beserta jajaran telah menargetkan setidaknya meraup lima medali emas dalam cabor renang. Upaya tersebut juga diselingi dengan Training Center (TC) secara mandiri melalui pemerintah daerah bagi 13 atlet renang yang akan berangkat. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top