METROPOLIS

Wagub Hadi Mulyadi Sebut Perempuan Kaltim Hebat dan Berkiprah dalam Pembangunan

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi (tengah) Pelantikan DPD PIM Kaltim Periode 2022-2027 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (10/6/2022). (Foto: Adpimprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi memuji kiprah para perempuan Benua Etam. Menurutnya, para perempuan di Kaltim telah menunjukkan kiprah dan kinerja luar biasa dalam pembangunan.

Pujian ini disampaikannya saat memberi arahan usai menyaksikan Pelantikan DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Provinsi Kalimantan Timur Periode 2022-2027 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (10/6/2022).

“Perempuan Kaltim ini hebat. Sekda Provinsi pertama di Indonesia ada di Kaltim (Hj Meiliana). Sekda sekarang pun perempuan (Sri Wahyuni). Sekda pertama di Kaltim. Kedua di Sulawesi, ketiga Sulawesi, keempat di Kaltim lagi,” kata Hadi.

Selain posisi Sekda yang diduduki perempuan, Hadi mengungkapkan sebelas posisi eselon 2 di Pemprov Kaltim juga diamanahkan kepada perempuan.

Dan bukan hanya di pemerintahan, seorang pengusaha perempuan asal Kaltim bahkan mampu menjadi eksportir pertama lidi nipah ke sejumlah negara di Eropa, Asia dan Timur Tengah.

“Namanya Mbak Widya. Dia bekerja sama dengan seratus Bumdes yang mayoritas diisi ibu-ibu rumah tangga untuk mengelola lidi nipah dan lidi sawit. Beliau baru dipanggil Menko Perekonomian untuk menyampaikan presentasi soal lidi nipah ini,” puji Hadi.

Contoh lain yang juga diungkap Wagub Hadi Mulyadi adalah soal terpilihnya seorang siswi dari Kaltim dalam Akademi Angkatan Udara.

“Seorang alumni siswi SMA di Balikpapan lolos masuk ke Akademi Angkatan Udara. Sebelumnya tidak pernah terjadi siswi asal Kalimantan yang bisa masuk. Itu terjadi pada tahun 2019,” puji Hadi lagi.

Menurut dia, masih banyak sukses lain yang juga telah ditorehkan para perempuan Kaltim, termasuk untuk urusan politik.

“Perempuan Kaltim sudah pantas disebut perempuan Indonesia maju. Harapan kami PIM bisa membantu kemajuan Kaltim dan Indonesia,” tegas Hadi. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top