HUKUM & KRIMINAL

Tersangka Gangguan Jiwa Berat, Polisi Hentikan Kasus Teror Masjid di Loa Kulu

Kapolres Kukar, AKBP Arwin Amrih Wientama (tengah) Didampingi Kasat Reskrim, AKP Gandha Syah Hidayat (kiri) dan Kasi Humas, AKP I Ketut Kartika saat Menunjukkan Barang Bukti yang Diamankan. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Tersangka kasus teror masjid dan langgar di Kutai Kartanegara (Kukar) dibebaskan polisi. Kasus yang menjerat pria berinisial MS itu pun kini dihentikan Polres Kukar.

Pembebasan pelaku dan penghentian kasusnya berdasarkan status MS yang memiliki masalah kejiwaan berat.

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama didampingi Kasat Reskrim AKP Gandha Syah Hidayat mengatakan, penetapan ini telah diputuskan sejak 7 Juni 2022. Setelah mendapat surat keterangan Dokter Psikiatri Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam Samarinda.

“Jadi mereka yang melakukan pemeriksaan dan observasi Psikiater Psikologi. Mulai pada 31 Mei 2022 sampai 7 Juni 2022, disimpulkan bahwa tersangka MS mengalami gangguan jiwa berat,” beber Arwin kepada Kate.id saat pers rilis, Jumat (10/6/2022) tadi.

Lanjut Arwin, dugaan masalah kejiwaan ini sudah muncul sejak dilakukannya pemeriksaan kepada MS oleh penyidik Satreskrim Polres Kukar. Pada saat itu, ketika MS diinterogasi banyak dari jawabannya yang melantur.

“Jadi kami melakukan observasi dan juga memberikan kepastian hukum pada MS. Dengan hasil itulah, Polres Kukar memutuskan untuk menghentikan proses hukum dan memilih menutup kasusnya,” sambungnya.

Dijelaskan Arwin, MS telah mengidap penyakit jiwa ini sejak dua tahun terakhir. Bahkan MS pernah menjalani perawatan intensif di salah satu Rumah Sakit Jiwa Samarinda. MS sendiri adalah warga asli Samboja.

Dia bisa sampai ke Kecamatan Loa Kulu dan sekitarnya adalah akibat pihak keluarga yang tidak bisa terus memperhatikannya. Sehingga saat dia tidak dalam perhatian keluarga, MS langsung pergi berkeliaran dan menebar teror.

“Untuk ke depan meminta keluarga untuk mengawasi dan melakukan konseling pada pihak RSJ, agar bisa sehat kembali. Dan sampai saat ini telah kami serahkan ke pihak keluarga di Samboja,” tutup Arwin. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top