METROPOLIS

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Diskominfo Kutai Kartanegara Gelar Bimtek Kearsipan

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Diskominfo Kutai Kartanegara Gelar Bimtek Kearsipan
Sesi Foto Bersama Seusai Bimtek. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberdayaan Kapasitas Unit Kearsipan (UK.II) dan Unit Pengolah Pencipta Arsip (UPPA). Tujuannya menyampaikan pentingnya kearsipan pada jajaran.

Bimtek ini berlangsung selama dua hari, mulai Kamis (2/6/2022) hingga Jumat (3/6/2022). Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Mercure Samarinda.

Sekretaris Kominfo Kukar Solihin mengatakan, Bimtek bertema Implementasi Penyelamatan Arsip tahun 2014-2019 ini bertujuan memberikan pemahaman akan pentingnya akuisisi/penyelamatan arsip.

“Sehingga dalam pengelolaan arsip yang semula bisu, usang dan tidak teratur menjadi informasi yang segar, hidup dan bahkan bisa memunculkan pemahaman yang semula belum terungkap secara jelas,” terang Solihin.

Diharapkannya, melalui Bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan jajaran Diskominfo dalam pengelolaan arsip. Yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

“Bagi Pemerintah Daerah, kegiatan ini bermanfaat untuk menyeragamkan tata kearsipan yang dinamis di setiap unit kerja dan untuk meningkatkan tertib administrasi dalam menunjang tugas-tugas Pemerintahan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto menyampaikan, Bimtek kearsipan ini untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Dalam mewujudkan hal tersebut Pemerintah harus melakukan reformasi sistem dan pola kerja di instansi pemerintah melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Salah satu bagian penting adalah percepatan penerapan SPBE di bidang kearsipan yaitu penerapan kearsipan berbasis elektronik yang terintegrasi,” lanjut Dafip.

Dia juga menyambut baik pelaksanaan Bimtek ini seraya berharap melalui bimtek akan menambah pengetahuan tentang pengelolaan kearsipan, meningkatkan pemahaman Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Juga meningkatkan penyelenggaraan kearsipan OPD yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan nasional.

“Saya berharap ada output dan outcome yang menggembirakan dengan makin dipahaminya prosedur, fungsi, peran dalam pengelolaan arsip yang benar. Dapat menciptakan SDM aparatur pengelola arsip di Diskominfo yang bermutu dan bermartabat, meningkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat serta mewujudkan pelayanan yang baik,” pungkasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top