POLITIK

DPR RI Dorong Pembukaan Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan

DPR RI Dorong Pembukaan Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda saat Rapat Dengar Pendapat Umum dengan pihak-pihak tersebut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/5/2022). (Foto: Devi/Man/DPR RI)

JAKARTA, Kate.id – Universitas Balikpapan (Uniba) dalam waktu dekat ini akan membuka program studi barunya. Yaitu Fakultas Kedokteran yang saat ini masih dalam proses pendirian dan perizinan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendukung pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan. Ia mengatakan usulan tersebut sudah diterima Komisi X dan akan ditindaklanjuti.

Dalam pertemuan dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Forum Pimpinan Yayasan dan Pimpinan Perguran Tinggi Swasta Papua dan Papua Barat serta Rektor Uniba melaporkan proses pendirian Fakultas Kedokteran dan juga memohon dukungan agar Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan ini segera terbit perizinannya.

“Tentu saya mendukung dengan dibukanya Fakultas Kedokteran di Uniba (Universitas Balikpapan) ini. Dengan demikian Fakultas Kedokteran di Balikpapan akan semakin bertambah,” ujar Syaiful usai Rapat Dengar Pendapat Umum dengan pihak-pihak tersebut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Politisi fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan, dengan adanya Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan akan menambah kuota bagi mahasiswa baru.

“Fakultas Kedokteran ini sangat banyak peminatnya. Namun sayang, selama ini di Kaltim Fakultas Kedokteran cuma ada satu, itupun kuota mahasiswanya dibatasi. Saya harap dengan dibukanya Fakultas baru akan menambah lulusan kedokteran dari Balikpapan,” imbuhnya.

Syaiful juga berharap dan siap mendukung agar Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan ini segera terbit perizinannya. Agar para lulusan SMA yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran tidak perlu jauh jauh lagi untuk kuliah di luar Kaltim. “Mudah-mudahan izinnya segera terbit. Kami siap mengawal dan berikan dukungan penuh,” ungkapnya.

Sempat diberitakan bahwa Rektor Universitas Balikpapan Isradi Zainal mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menjalani proses dan sudah mempersiapkan segala persyaratan, meskipun terkendala oleh moratorium Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Dimana Fakultas Kedokteran itu ini sudah lama menjalani proses dan sudah mempersiapkan segala persyaratan dan melalui banyak konsultasi dari beberapa pihak. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top