POLITIK

Sebarluaskan Perda Pajak Daerah, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sosper di Manggar

Sebarluaskan Perda Pajak Daerah, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sosper di Manggar
Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo dalam Sosper di RT 16 Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Jumat (27/5/2022). (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, Kate.id – Masyarakat Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan mengapresiasi penyebarluasan/sosialisasi Perda atau Sosper terkait Pajak Daerah dan potensinya. Apresiasi tersebut disampaikan ketika Sigit Wibowo, Wakil Ketua DPRD Kaltim melakukan Sosper di RT 16 Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Jumat (27/5/2022).

Pada Sosper tersebut Sigit Wibowo menyampaikan penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pajak Daerah. Namun dalam Sosper tersebut Sigit yang juga Ketua DPW PAN Kaltim asal daerah pemilihan (dapil) Balikpapan ini tidak hanya menyebarluaskan Perda 1/2019, melainkan pula mengenai potensinya.

Sigit mengilustrasikan tiga potensi besar terhadap pendapatan daerah di Kota Balikpapan yang kini berpenduduk kurang lebih delapan ratus ribu jiwa. Dia menyebutkan, ketiga potensi pendapatan daerah yang berkaitan dengan pajak daerah yaitu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Air Permukaan.

“Dengan adanya sosialisasi ini masyarakat tahu apa saja potensi pendapatan kita di Kota Balikpapan,” ujarnya usai melaksanakan sosper terkait pajak daerah bersama aparat dan warga Manggar Baru.

Pada sosper tersebut, dirinya menjelaskan tentang pemanfaatan atau kegunaan pajak untuk pembangunan-pembangunan infrastruktur dan lainnya.

“Ini sangat berkaitan dengan tugas saya sebagai legislator. Artinya ketika masyarakat membayar pajak dan ada anggota dewan yang hadir untuk merealisasikan infrastruktur di daerah-daerah, jadinya kan ada timbal baliknya,” jelasnya.

Sigit melanjutkan, kegunaan pajak adalah timbal balik antara masyarakat dan pemerintah. Tujuan sebesar-besarnya untuk masyarakat dan daerah khususnya di Kaltim.

“Jadi ketika kita bayar pajak kita dapat menikmati hasil pembangunan. Entah sacara fisik ataupun pelayanan kesehatan yang memadai,” ucapnya.

Menurutnya masyarakat sudah mengerti dan paham terkait pajak daerah. Antusiasme warga juga sangat luar biasa untuk bisa mengambil informasi terkait sosper pajak yang menghadirkan Narasumber Gigih Widya Wirawan selaku praktisi ekonomi keuangan daerah. (lim)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top