WISATA

Kunjungan Kemenparekraf ke Desa Wisata Pela Bakal Bersamaan TIFAF 2022

Kades Pela Supyan Noor Bersama Warga saat Gotong Royong Persiapan Menyambut Kemenparekraf RI. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dipastikan berkunjung ke Desa Wisata Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar) dalam waktu dekat ini. Berkaitan ditetapkannya Desa Pela sebagai 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 mewakili Kaltim.

Menyambut kunjungan tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) maupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pela bekerja sama untuk persiapannya sejak dini.

“Mulai dari sekarang kami persiapkan bersih-bersih dahulu. Sambil berjalan, memikirkan apa yang kira-kira diperlukan, itu yang kita persiapkan,” ungkap Kepala Desa (Kades) Pela Supyan Noor kepada Kate.id, Sabtu (14/5/2022) kemarin.

Selain gotong royong dalam membersihkan lingkungan desa, Supyan menyebut sarana prasarana seperti tempat acara dan transportasi juga turut dipersiapkan. Untuk penyambutan khusus juga dilakukan secara adat Kutai dalam menyambut pengunjung dari luar.

“Jadi ada tarian penyambutan selamat datang, dengan tabur tepung tawar juga untuk keselamatan pengunjung,” terangnya.

Warga Pela juga turut antusias atas kunjungan Kemenparekraf RI nanti. Tetapi Supyan sebut sosialiasi tetap dilakukan Ketua RT untuk menyampaikan ke warga. Agar dapat mempersiapkan kedatangan menteri.

“Dan di lingkungan mereka sudah mulai berbenah. Apa yang sekiranya mengganggu mereka sudah bersihkan,” ucap Supyan.

Diketahui, Menparekraf RI yang kerap dipanggil Sandiaga Uno nantinya datang layaknya seorang pengunjung. Sandiaga akan datang bersama juri, tetapi juri akan datang duluan.

Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar M Ridha Fatrianta menceritakan, dari rapat koordinasi bersama pihak Desa Pela untuk membahas rencana kunjungan tersebut. Menteri pertama akan datang ke Kecamatan Tenggarong untuk membuka event Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.

“Jadi yang diusulkan itu menteri datang ke Tenggarong, setelah membuka TIFAF. Naik Queen Orca susur sungai, dan sampai pelabuhan Liang disambut dengan Kapal Wisata Pela. Dan Pela itu akan ditinjau seperti Museum nelayan, Homestay, produk BUMDes. Baru kami lakukan pertemuan di Tanjung Tamanoh,” tutur Ridha saat dihubungi Kate.id, Senin (16/5/2022).

Pihak Dispar Kukar juga telah menyampaikan apa-apa saja yang akan dipersiapkan. Maupun apa yang mereka dapat bantu. Baik itu pembenahan atau semacamnya, Ridha sebut Dispar akan membantu sesuai kebutuhan

“Yang jelas kami akan membantu. Dan kami telah membagi mana-mana yang menjadi tanggung jawab siapa,” pungkasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top