MUSIK

Tujuh Musisi Indonesia dengan Lagu Religi Terpopuler

Grup vokal Snada.

SAAT bulan Ramadan tiba, biasanya kita akan ditemani dengan lagu-lagu bertema religi yang kental nuansa Islami. Selain memiliki alunan musik dan lirik yang menyejukkan hati, mendengarkan lagu religi selama Ramadan seakan memberi motivasi untuk terus berbuat baik dan mencari pahala di bulan yang suci ini.

Ada banyak sekali deretan lagu religi di Indonesia, mengingat banyak pula musisi Indonesia yang berlomba-lomba merilis lagu religi menyambut bulan suci Ramadan. Saking populernya, lagu religi ciptaan para musisi Indonesia hampir setiap hari dimainkan di berbagai tempat, atau bahkan jadi soundtrack acara televisi selama bulan Ramadan.

Berikut deretan musisi di bawah ini memiliki lagu religi yang pasti tidak asing lagi di telinga masyarakat muslim Indonesia:

Bimbo

Membahas musik religi menyambut Ramadan, tentu kita akan langsung teringat pada lagu-lagu dari Bimbo. Berdiri sejak 1966, Bimbo telah memiliki ratusan lagu religi dengan lirik yang puitis. Salah satu lagu religi dari Bimbo yang masih banyak dinyanyikan dan dimainkan hingga saat ini adalah Tuhan (1991) dan Ada Anak Bertanya pada Bapaknya (2007) yang populer berkat liriknya yang ringan namun kaya nasihat.

Opick

Selain Bimbo, Opick termasuk salah satu musisi Indonesia yang kerap merilis musik religi. Meskipun sudah terjun ke dunia musik religi sejak 2005, namun popularitas Opick sebagai penyanyi lagu religi masih terus bersinar hingga sekarang.

Lagu religi yang dibawakan Opick dan masih sering dimainkan hingga sekarang adalah Tombo Ati (2005). Selain itu, ada lagu yang jadi soundtrack jelang bulan Ramadan dan selalu diputar di berbagai tempat umum maupun acara televisi, yakni Ramadan Tiba.

Opick.

Gigi

Sebagai penggemar musik pop Indonesia, Sobat Parekraf pastinya sudah familier dengan grup band legendaris ini. Band Gigi memiliki banyak lagu dan album bertema religi yang masih populer dan dimainkan hingga saat ini, terutama saat memasuki bulan suci Ramadan.

Misal, lagu yang mengingatkan kita akan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat selama hidup, Akhirnya (2005). Selain itu, band Gigi juga merilis lagu religi berjudul Pintu Surga (2006) yang masih sering diputar di televisi maupun radio selama bulan Ramadan.

Novia Kolopaking

Novia Kolopaking merupakan salah satu musisi Indonesia yang turut langganan merilis lagu religi. Sudah ada banyak lagu religi yang telah dirilis Novia Kolopaking, salah satu yang jadi hits hingga sekarang ini adalah Dengan Menyebut Nama Allah (1990). Saking populernya, banyak pula penyanyi Indonesia yang turut menyanyikan ulang lagu tersebut, seperti Ikke Nurjanah, Ita Purnamasari, hingga Gigi.

Snada

“Jagalah hati, jangan kau kotori. Jagalah hati, lentera hidup ini.” Sudah sangat familier dengan lirik lagu religi tersebut,? Lagu religi yang memiliki lirik sederhana tersebut milik grup vokal religi Indonesia, Snada. Berjudul Jagalah Hati, lagu religi yang rilis 2016 tersebut masih sering terdengar dan diputar di berbagai tempat selama bulan Ramadan.

Ungu

Selain Gigi, ada band Ungu juga langganan merilis lagu religi di bulan Ramadan. Popularitas lagu religi yang dibawakan oleh Ungu patut diacungi jempol. Sebab, banyak lagu religi dari Ungu yang digunakan sebagai soundtrack sinetron atau berbagai acara televisi, mulai dari Para PencariMu, Andai Ku Tahu, dan SurgaMu yang rilis 2012 silam.

Sabyan Gambus

Terakhir ada Sabyan Gambus, grup musik religi yang cukup fenomenal dan terkenal di Indonesia saat ini. Pasalnya, grup religi yang berdiri sejak 2017 ini memiliki lagu bergenre pop-islami yang dikemas kekinian, sehingga cocok didengarkan sehari-hari. Beberapa judul lagu religi dari Sabyan Gambus yang menarik untuk didengarkan antara lain Ya Habibal Qolbi, Deen Assalam, dan Ya Maulana. (Kemenparekraf)

Comments

POPULER

To Top