GAME

Deretan Tim Esport Terbaik Indonesia yang Berprestasi di Tingkat Dunia

Team Evos Esport. (Foto: Dokumentasi milik Team Evos Esport)

INDUSTRI gaming di Indonesia terus tumbuh. Menurut data dari Indonesia Esports Premier League (IESPL), Indonesia menempati peringkat 12 sebagai pasar gaming dunia, dengan total pemain game aktif mencapai 62,1 juta orang. Secara keseluruhan industri gaming tanah air dicatat telah menghasilkan pendapatan sebesar 1,04 miliar dolar AS pada 2019 atau masa sebelum pandemi Covid-19.

Melihat data tersebut artinya terjadi peningkatan industri gaming yang pada akhirnya juga meningkatnya kepopuleran esport di Indonesia. Esport diyakini memiliki potensi dan peluang prestasi, sekaligus mendorong industri kreatif. Bahkan menurut sumber data yang sama, pencapaian tim-tim esport profesional di Indonesia telah membuka lapangan pekerjaan dengan total lebih dari Rp15 triliun dalam perputaran ekonomi.

Saat ini banyak tim esport populer yang langganan mengukir prestasi bahkan hingga tingkat dunia. Berikut ini adalah di antaranya:

EVOS Esports

EVOS Esports merupakan salah satu tim esport terbaik yang telah langganan juara dalam berbagai macam event nasional maupun internasional. Dibentuk pada 2016, EVOS memiliki beberapa divisi tim esport di antaranya: Mobile Legends, Battleground Mobile, Free Fire, Realm of Valor, hingga League of Legends Wild Rift.

Prestasi dari EVOS adalah juara Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) season 7 (2021), dan MPL season 4 (2019). Selain itu, EVOS juga pernah berhasil mendapatkan juara dunia Mobile Legends M1 World Championship (2019), juara 1 Free Fire World Cup (2019) dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini EVOS Divine menjadi salah satu tim esport yang mewakili Indonesia dalam final Free Fire World Series 2021 Singapore (FFWS 2021 SG).

ONIC Esport

Tim esport terbaik Indonesia selanjutnya adalah ONIC Esport. Meskipun baru berdiri 2018, ONIC dikenal sebagai tim esport Mobile Legends yang tak terkalahkan pada awal musim 2019.

Selain Mobile Legends, ONIC juga memiliki beberapa tim esport lainnya antara lain: PUBG Mobile, Free Fire, dan Valorant.

ONIC pernah menyabet juara 1 Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2019. Bahkan ONIC juga berhasil menyabet gelar juara Mobile Legends Mytel International Championship (2020), dan juga menjuarai Mobile Legends: Bang Bang All Star 2019.

Rex Regum Qeon. (Foto: Dokumentasi milik Rex Regum Qeon/RRQ)

Rex Regum Qeon (RRQ)

Rex Regum Qeon (RRQ) termasuk salah satu tim esport Indonesia yang cukup populer. Dibentuk 2013, kala itu RRQ merupakan tim esport yang berisikan para pemain Dota terbaik.

Seiring berjalannya waktu RRQ mulai berekspansi ke berbagai game lainnya seperti Point Blank dan Mobile Legends Bang Bang. Hingga saat ini, secara keseluruhan RR memiliki enam divisi esport, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Valorant, FIFA, dan League of Legends: Wild Rift.

Untuk pencapaiannya tidak perlu diragukan lagi. Selain menjadi tim esport terbaik ketiga di dunia versi Total Cross Platform Action (2020), RRQ telah berhasil meraih ratusan penghargaan. Salah satunya berhasil memenangkan 4 penghargaan dalam ajang Mobile Legends Bang Bang All Star Awards 2020.

Bigetron Esport

Bigetron termasuk salah satu tim esport terbaik yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. Meskipun hanya memiliki tiga tim, yaitu PUBG Mobile, Mobile Legends Bang Bang, dan Free Fire, namun Bigetron berhasil mendapatkan beberapa penghargaan yang mengagumkan.

Tidak main-main, bahkan Bigetron berhasil menjadi tim profesional PUBG Mobile terbaik di Indonesia berkat menjuarai PUBG Mobile World League (PMPL) 2020, dan meraih juara 3 pada MPL season 6.

BOOM Esport

Satu lagi tim esport Indonesia terbaik adalah BOOM Esport. Tim yang berdiri pada 2016 ini awalnya fokus pada DOTA2, namun akhirnya melebarkan sayap pada Mobile Legends, Free Fire, CS:GO, League of Legends, PUBG Mobile, Hearthstone, League of Legends: Wild Rift, dan Valorant.

Memiliki lebih dari 100 achievement, jangan heran kalau BOOM termasuk salah satu tim terfavorit Indonesia pada 2021. Baru-baru ini BOOM berhasil menjuarai ESL SEA Championship 2020, peringkat ke-4 dalam turnamen StarLadder DOTA 2 (2020), dan masih banyak lagi. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top