METROPOLIS

Sambut IKN, Pemkab Kutai Kartanegara Bakal Bangun Jembatan di Tiga Lokasi

Suasana Musrenbang RKPD Kukar di Ruang Serbaguna Kantor Bappeda Kukar. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal membangun jembatan penghubung kecamatan di tiga lokasi. Pembangunan ini dalam menyambut berpindahnya ibu kota Negara (IKN) ke Kaltim.

Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin mengungkapkan, Kutai Kartanegara (Kukar) khususnya selaku daerah penyangga sekaligus mitra akan fokus dalam pembangunan pengembangan daerah. Sebagaimana dipaparkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) Kukar di Ruang Serbaguna Bappeda, Kamis (7/4/2022) kemarin.

Diuraikan, bakal ada tiga fokus infrastruktur, konektivitas antarwilayah kecamatan, sampai dengan kelurahan dan desa. Dan juga infrastruktur dasar, beserta konektivitas jalan dan jembatan. Dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar menyambut IKN.

“Tadi beberapa hal yang disampaikan teman-teman kecamatan entah bagaimana mereka tidak tahu atau bagaimana yang jelas program itu sudah masuk dalam tahun 2022 disampaikan lagi untuk tahun 2023. Artinya ada juga beberapa yang tidak masuk di 2022 berarti kami prioritaskan di tahun 2023,” ucap Rendi seusai Musrenbang.

Ketiga prioritas tersebut akan menjadi fokus semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar. Di antaranya adalah pembangunan jembatan penghubung kecamatan yang telah diusulkan untuk dana APBN ataupun APBD Provinsi.

“Jadi ada beberapa jembatan sebenarnya yang sudah masuk di perencanaan. Yang sudah perencanaan ada jembatan Sebulu-Muara Kaman, Loa Kulu. Tetapi kalau untuk yang on progress perencanaannya sekarang masuk tahapan pelelangan jual beli itu jembatan Sangasanga-Anggana. Itu akan diproyeksikan lebih besar sedikit dibanding Muara Kaman-Sebulu,” tutup Rendi. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top