GAME

Industri Game Indonesia Berduka, Kreator ‘Coffee Talk’ Fahmi Hasni Meninggal Dunia

Muhammad Fahmi Hasni. (Foto: Indie World Showcase)

JAKARTA, Kate.id – Industri video game lokal Indonesia berduka. Kreator video game berbakat Mohammad Fahmi Hasni alias ‘Fahmitsu’ meninggal dunia di usia 32 tahun.

Fahmi mengembuskan napas terakhirnya Senin (28/3/2022), sebagaimana dikabarkan kakaknya melalui unggahan di Twitter pengemar game ‘Suikoden II’ itu.

“Innallillahi wa innalilahi rajiun. Telah meninggal adik saya, Fahmi, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Jika ada urusan atau utang yang belum diselesaikan bisa menghubungi kami pihak keluarga,” tulis sang kakak di akun Twitter Fahmi @fahmitsu.

Kepergian Fahmi yang begitu mendadak itu pun meninggalkan duka di kalangan pelaku industri video game Indonesia. Lantaran pria kelahiran 29 Januari 1990 itu dikenal berbakat dan telah mengharumkan nama Indonesia di kancah video game dunia.

Fahmi memulai karier di dunia video game dan menjadi programmer dan desainer di developer Gameloft. Bersamaan dengan itu dia juga menekuni jurnalisme video game di media daring Tech In Asia dan menjabat sebagai editor-in-chief.

Berikutnya Fahmi bergabung bersama Toge Productions, perusahaan game lokal yang berbasis di Tangerang. Di sana Fahmi bekerja sebagai marketing dan public relations manager. Di Toge Productions itulah Fahmi mencapai pencapaian tertingginya melalui game Coffee Talk, game terpopuler Toge Productions.

Cuplikan game Coffee Talk karya Fahmi. (Toge Productions)

Fahmi merupakan kreator dari game Coffee Talk, game simulasi yang mendapat banyak pujian di luar negeri. Game yang rilis di multiplatform PS4, Nintendo Switch, dan PC ini bahkan sempat masuk daftar game terbaik versi media Inggris, The Guardian dan memenangkan penghargaan ‘Grand Jury Award’ di SEA Game Awards 2021. Nama Fahmi pun dikenal luas di jagat industri video game Asia Tenggara dan juga dunia.

Kesuksesan itu membuat Fahmi terus berkarya dan membuat studio gamenya sendiri yang bernama Pikselnesia. Studio game ini sudah meluncurkan satu game dengan genre visual novel yang bernama What Comes After, yang bisa dimainkan di PC dan Nintendo Switch.

Melalui Pikselnesia, Fahmi bakal merilis game visual novel terbarunya yang berjudul Afterlove EP. Game ini menceritakan kisah cinta seseorang di Jakarta yang dibalut dengan desain visual ikonik yang menyerupai komik Jepang (manga).

Game ini sendiri kabarnya akan meluncur sekitar pertengahan 2022 ini untuk PS4, Nintendo Switch, dan PC. Fahmi bahkan sempat muncul dalam video Indie World Showcase Nintendo Switch untuk memperkenalkan game terbarunya tersebut. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top