MUSIK

Voice of Baceprot, Band Metal Asal Garut yang Sukses di Panggung Dunia

Para personel Voice of Baceprot. (Dok. VOB)

SATU lagi band asal Indonesia sukses tampil di panggung internasional. Mereka adalah Voice of Baceprot (VoB), band asal Garut yang dimotori oleh 3 remaja putri.

Kata “baceprot” adalah slang bahasa Sunda yang berarti “berisik” atau “bawel”, merepresentasikan genre musik metal yang mereka mainkan. Dengan personelnya yang berhijab, justru menambahkan kesan nyentrik saat VoB tampil di atas panggung.

VoB dibentuk pada 2014 atas inisiasi seorang guru yang akrab dipanggil Abah setelah melihat Masrya, Sitti, dan Widi yang langganan bolak balik ke Ruang Bimbingan. Abah lalu melatih Marsya (gitaris/vokalis), Sitti (drummer), dan Widi (bassist) untuk bermain alat musik dan belajar lagu-lagu metal dari band Race Against The Machine, Slipknot, Red Hot Chilli Peppers, dan lainnya.

Setelah rutin latihan, VoB tampil di acara-acara musik dengan menembangkan cover lagu band-band metal. Barulah pada pada 2018, VoB merilis single pertama berjudul School Revolution. Pada 3 Agustus 2021, VoB merilis mini album bertajuk The Other Side of Metalism yang berisi pertunjukan live (lagu-lagu cover) dan beberapa lagu ciptaan mereka bersama Abah. Tema lagu-lagu VoB sering mengangkat tentang isu sosial, seperti RUU Kentut (Merdeka Itu Kentut) dan PMS (Perempuan Merdeka Seutuhnya).

“Di Jawa Barat kemarin ada grup musik terkenal, namanya Baceprot (VoB), itu sangat mungkin kita kembangkan karena genre-nya heavy metal, yang main cewek-cewek tiga orang pakai hijab, dan kearifan lokalnya kerasa banget,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sebuah unggahan di akun pribadinya @sandiuno.

VoB berkesempatan tampil dalam acara Women of The World (WOW) yang digelar di Inggris Raya dan Just Recovery Gathering 2021 secara online. Pada 28 November 2021, VoB menggelar tur Fight, Dream, Believe yang di diadakan di Belanda, Belgia, Perancis, dan Swiss. Tur Eropa ini diadakan dalam rangka promo single God, Allows Me (Please) to Play Music.

Awalnya tidak mudah bagi Marsya, Sitti, dan Widi untuk bisa bermusik, apalagi VoB beraliran metal. Mengutip dari wawancara VoB di Tonight Show, Masrya, Sitti, dan Widi mengaku tidak mendapat restu keluarga untuk bermusik. Musik metal dinilai terlalu berisik dan tidak sesuai dengan penampilan Marsya, Sitti, dan Widi yang berhijab.

Namun, seiring berjalannya waktu, Marsya, Sitti, dan Widi akhirnya membuktikan keseriusan mereka dengan meraih sejumlah prestasi. Penolakan dari keluarga seakan hilang begitu saja ketika VoB diangkat oleh media lokal dan internasional yang memuji musikalitas dan kualitas mereka. Bahkan, VoB sempat diwawancarai oleh media sekelas The Guardian, BBC, Reuters, Metal Injection, The New York Times, hingga NPR.

Dalam sebuah rilis, VoB telah meluncurkan lagu baru berjudul [NOT] PUBLIC PROPERTY melalui event International Women’s Day yang diluncurkan melalui streaming platform digital. [NOT] PUBLIC PROPERTY menyuarakan hilangnya hak asasi manusia dan seruan untuk para wanita dalam gerakan melawan kekerasan. [NOT] PUBLIC PROPERTY merupakan hasil kerjasama dengan beberapa organisasi internasional, seperti Woman of The World (WOW) UK, The British Council, serta crowdfunding nasional.

Lagu [NOT] PUBLIC PROPERTY diproduseri oleh Yuka Dian Narendra (produser yang juga bekerjasama dengan Anda Perdana, Bonita, Gribs dan lainnya,) dan dengan arahan vokal dari Irvan Natadiningrat (vocal director Krisdayanti, Tiga Diva, peserta Indonesian Idol dan lainnya). Tak cuma itu, lagu yang dirilis pada 8 Maret 2022 ini juga mendapatkan sentuhan dari Tue Madsen selaku produser dan sound engineer kenamaan asal Denmark.

Nama VoB semakin dikenal dan dikagumi oleh penikmat musik metal dari dalam dan luar negeri. Pada Juli 2022 nanti, VoB akan tampil di London dan Manchester. VoB juga akan tampil di Wacken Open Air di Jerman pada 4-8 Agustus 2022. Wacken Open Air merupakan salah satu festival musik metal terbesar yang sudah ada sejak 1990. Marsya, Sitti, Widi akan tampil sepanggung dengan Slipknot, Judas Priest, Till Lindemann (vokalis Rammstein) dan lainnya. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top