OTOMOTIF

Tangkap Peluang IKN, Mahasiswa Balikpapan Kembangkan Kendaraan Listrik

Gubernur Kaltim Isran Noor saat menjajal sepeda motor listrik buatan mahasiswa Uniba. (Foto: Fathur Al-Qadrie/Adpimprov Kaltim)

BALIKPAPAN, Kate.id – Mahasiswa Kaltim tampaknya tak mau ketinggalan peluang pemindahan ibu kota negara (IKN). Salah satunya mahasiswa Universitas Balikpapan (Uniba) yang tengah mengembangkan kendaraan listrik.

Dibantu para dosen, mahasiswa Uniba berinovasi menangkap peluang itu. Apalagi Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

“Kapasitas energinya bagaimana. Tahan berapa lama motor listrik ini?” tanya Gubernur Kaltim Isran Noor saat mencoba motor listrik karya mahasiswa Uniba yang dipamerkan saat Dies Natalis Uniba ke-40, Kamis (24/3/2022), dikutip dari siaran Pemprov.

Dari dosen pembimbing mahasiswa, Gubernur Isran Noor mendapat jawaban. Sepeda motor listrik ini memiliki kapasitas maksimal energi selama dua jam. Sedangkan kecepatan maksimalnya 40 km/jam.

Selain motor, Uniba juga akan membuat mobil listrik. Harapan besarnya, karya para mahasiswa Uniba itu kelak akan mampu mengisi pemenuhan kebutuhan transportasi ramah lingkungan berbasis baterai di kawasan IKN.

“Hebat ini, mengalahkan Tesla,” seloroh Isran. Tesla merupakan merek ternama dalam produksi mobil listrik dunia.

Rektor Uniba Dr Isradi Zainal meminta Gubernur Isran Noor untuk bisa memberi nama motor listrik karya mahasiswa Uniba itu. Namun Gubernur Isran tak bersedia.

“Wah jangan. Jangan. Saya belum siap,” jawab Gubernur.

Seperti diketahui, dalam rencana pengembangan transportasi darat IKN, pemerintah akan menyiapkan sarana untuk pejalan kaki, sepeda, kendaraan listrik berbasis baterai dan kendaraan autonoumus untuk angkutan bus.

“Kami ingin ikut berkiprah di IKN. Kami sudah buat motor dan mobil listrik berbasis energi baru terbarukan. Kami juga akan buat perahu layar yang akan terdorong dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara, dan sebaliknya,” ungkap Rektor Universitas Balikpapan Dr Isradi Zainal. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top