HUKUM & KRIMINAL

Dua Tahun Kecanduan Narkoba, Oknum ASN Kutai Kartanegara Diamankan Polisi

Kasatresnarkoba Polres Kukar, AKP M.P. Rachmawan (kanan) Didampingi Kasubbag Humas Polres Kukar, IPTU I Ketut Kartika (kiri) Menunjukkan Barang Bukti yang Telah Diamankan Jajarannya di Press Release. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Kutai Kartanegara (Kukar) mengamankan tersangka penyalahgunaan narkotika yang ironisnya adalah oknum aparatur sipil negara (ASN). Tersangka berinisial AR (36) ditangkap di Jalan Mangkuraja 1, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong pada Jumat (18/3/2022) kemarin pukul 20.30 Wita.

Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama melalui Kasat Resnarkoba Polres Kukar AKP MP Rachmawan menjelaskan penangkapan ini berdasarkan informasi masyarakat yang didapatkan Tim Tiger Satresnarkoba Polres Kukar pukul 18.00 Wita. Pada pukul 20.30 Wita, Tim Tiger melakukan penyelidikan dan merasa curiga kepada tingkah laku seorang laki-laki (AR) yang berada di pinggir jalan. AR pun diamankan karena membawa narkotika jenis sabu-sabu.

“Saat diintrogasi AR yang juga sebagai ASN di Lingkungan Pemkab Kukar. Saat digeledah ditemukan 2 poket narkotika jenis sabu-sabu dengan berat kotor 0,74 gram di dalam kantong celananya. Kemudian tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Kutai Kartanegara untuk diproses lebih lanjut,” beber Rachmawan saat press release di Mapolres Kukar, Selasa (22/3/2022).

Barang bukti yang diamankan Satresnarkoba Polres Kukar meliputi dua poket narkotika jenis sabu-sabu dengan berat kotor 0.74 gram dan satu unit ponsel. “Menurut keterangan pelaku sudah mengonsumsi narkoba selama dua tahun,” terangnya.

Atas tindakannya ini, Rachmawan mengatakan AR akan dikenakan Pasal 114 Ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1) UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun penjara.

Lebih lanjut pihaknya akan melaporkan kasus ini kepada Bupati atau Wakil Bupati Kukar. Tetapi karena saat ini sedang berada di luar kota sehingga ditunda dulu. Karena Rachmawan menyebut kemungkinan ke depan jajarannya melaksanakan tes urine di kalangan ASN Pemkab Kukar.

“Imbauan kepada para ASN di Kukar jangan sampai menggunakan apalagi sampai mengedarkan narkoba. Karena pelaku ASN bisa dipecat tetapi tergantung lagi dengan Bupati. Saya juga berpesan agar ASN sayangi keluarga dan jauhi narkoba,” tutup Rachmawan. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top