METROPOLIS

Dewan Pengurus Kadin Dikukuhkan, Bupati Harap Bantu Membangun Kutai Kartanegara

Suasana Pelantikan Dewan Pengurus Kadin Kukar yang Dilaksanakan di Pendopo Odah Etam Bupati Kukar. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2026 resmi dikukuhkan oleh Ketua Kadin Kaltim, Dayang Donna Faroek. Pelantikan yang dibuka Bupati Kukar Edi Damansyah ini diadakan di Pendopo Odah Etam, Sabtu (19/3/2022) pagi tadi.

Dalam sambutannya, Edi menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Sebagaimana tertera pada temanya yaitu ‘Peran Pengusaha Lokal Dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 dan Pembangunan IKN’. Tema ini sejalan RPJMD visi-misi Kukar Idaman Tahun 2021-2026, akan adanya pembangunan yang diselenggarakan dengan cara-cara kolaboratif.

“Filosofi pembangunan Kukar Idaman secara eksplisit menyatakan bahwa upaya menciptakan daya saing dan kemandirian daerah harus didasari semangat kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah kabupaten, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat dalam rangka mewujudkan Kutai Kartanegara yang lebih baik,” papar Edi.

Dia mengharapkan Kadin Kukar dapat bersungguh-sungguh dalam pembangunan itu. Termasuk mewujudkan Good Corporate Governance dan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dengan itu diharapkan pengusaha-pengusaha yang tergabung di Kadin Kukar menjadi contoh teladan untuk mewujudkan pengusaha yang akuntabel.

“IKN telah benar-benar ada di depan mata kita. Segala situasi dan kondisi terkait kepindahan IKN ke tempat kita akan menjadi peluang sekaligus tantangan yang luar biasa besar buat kita. Suka tidak suka, kompetisi yang ketat akan dihadapi oleh para pengusaha lokal kita di IKN nanti,” beber Edi.

Oleh karena itu dia berpesan agar Kadin Kukar harus sungguh-sungguh menjadikan organisasinya ini sebagai wadah yang mampu mempersiapkan seluruh anggotanya untuk menjelma menjadi pengusaha-pengusaha yang mandiri, profesional, produktif dan inovatif.

“Sehingga kemudian mampu berkiprah dalam mewujudkan iklim usaha yang sehat dan dinamis. Untuk mendorong kesempatan berusaha yang seluas-luasnya bagi dunia usaha, terutama bagi para pengusaha lokal,” tegas Edi.

Sementara itu Ketua Kadin Kukar Aulia Rahman Basri menyebut dari pengukuhan ini juga ada PR bagi jajarannya. Melalui konsolidasi yang dilakukan secara internal, mulai dari apa saja yang akan dibangun beserta penguatan ekonomi lokal.

“Itu yang saya sampaikan selalu, ekonomi lokal kita akan membantu kawan-kawan UMKM. Untuk bagaimana produk mereka memiliki daya ungkit yang tinggi atau daya jual yang lebih baik,” tuturnya.

Setelah itu, lanjut Aulia, bagaimana Kadin Kukar bisa memiliki peran dan kontribusi lebih untuk membangun Kutai Kartanegara. Karena sebut Aulia, sampai saat ini Kukar belum memiliki kawasan industri. Walaupun ada sekian banyak daerah hulu industri, tetapi daerah hilir masih belum memiliki kawasan industri.

“Tentunya kami akan bersinergitas dengan Pemerintah Daerah bagaimana ini bisa terjadi. Plotting-nya kami sudah mulai, kami akan memulai membangun Kecamatan Marang Kayu. Sebagaimana kita pahami daerah hulu ini banyak di Sebulu Muara Kaman. Nanti kami akan coba bangun bagaimana daerah hulu industri ini akan terhubung dengan hilir industri,” jelas Aulia.

Terakhir, dia juga menambahkan terkait IKN. Titik beratnya sebagaimana disampaikan Bupati agar Kukar harus menjadi Mitra, bukan sekadar penyangga.

“Dan Kadin Kukar juga dapat berperan lebih, maka kewajiban kita membangun sama-sama Kukar seiring sejalan dengan IKN baru,” tandasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top