SELEB

Artis Dorce Gamalama Meninggal Dunia setelah Tertular Covid-19

Dorce Gamalama semasa hidup. (Foto: IG @dg_kcp)

JAKARTA, Kate.id – Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Kali ini datang dari artis Dorce Gamalama yang dikabarkan meninggal dunia, Rabu (16/2/2022).

Dari informasi yang dihimpun Kate.id, Dorce mengembuskan napas terakhir pada usia 58 tahun di RSPP Simprug. Setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit lantaran kondisi tubuhnya yang menurun akibat penyakit diabetes yang dideritanya. Kondisi kesehatannya makin parah ketika Dorce dilaporkan tertular Covid-19.

Lahir 21 Juli 1963, sosok bernama asli Dedi Yuliardi Ashadi ini adalah seorang host, penyanyi, dan aktris berkebangsaan Indonesia yang berdarah Minang. Nama panggung ‘Dorce’ mulanya diberikan oleh Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls lantaran saat menjalani profesinya Dedi lebih sering memosisikan dirinya sebagai seorang perempuan. Meski sosok pria masih sangat kental pada dirinya.

Untuk mendukung totalitas kepribadian dan penampilannya di atas panggung, Dedi melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983. Dia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama. Nama Gamalama diambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Setelah kepulangannya dari ibadah haji, dia juga menambakan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Di dunia hiburan, dia dikenal sebagai seorang pembawa acara televisi, membawakan program gelar wicara, Dorce Show di Trans TV sejak Januari 2005. Ia juga dikenal sebagai penyanyi, yang berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) atas peluncuran sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top