METROPOLIS

Sanitasi Keluarga Miskin Samboja dan Muara Kaman Sudah Dianggarkan

Wabup Kukar Rendi Solihin.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Keperluan sanitasi di Kecamatan Samboja dan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) siap ditingkatkan pada 2022 ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengalokasikan Rp 6 miliar untuk kebutuhan peningkatan sanitasi tersebut.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin kepada Kate.id, Rabu (19/1/2022) lalu. Orang nomor dua di Kota Raja itu menyebut saat ini telah dipersiapkan bagi Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kukar untuk melakukan swadaya bedah rumah kecil-kecilan. Dengan target 500 rumah yang akan dibantu dan 250 rumah per kecamatan.

“Akan diserahkan per rumah Rp 2,5 juta, untuk melakukan swadaya, yang akan bangun WC dan membeli papannya. Karena nilainya tidak besar, tetapi paling tidak menjadi variabel daerah miskin untuk memperkecil zona kampung kumuh itu,” ungkapnya.

Rendi juga menjelaskan bahwa sanitasi ini merupakan salah satu kategori kemiskinan dari masyarakat, bukan hanya dari sisi pendapatan keluarga. Sehingga faktor variabel lain seperti sanitasi, WC dan banyaknya penduduk yang berada di pinggir sungai yang masih menggunakan jamban yakni WC tradisional itu sangat krusial.

“Ada yang (punya) WC kurang baik, lantainya jelek, tetapi dari segi penghasilan dikategorikan lebih, punya kendaraan, dan kapal. Bukan miskin dari pendapatan tetapi dari kelayakan tempat tinggal,” terangnya.

Rendi menyebut dengan langkah khusus secara swadaya ini dapat diserahkan secara langsung kepada keluarga yang bersangkutan dan masyarakat sekitar untuk melakukan pembangunan. Oleh karena itu penting bagi Rendi untuk mendata seluruh masyarakat yang memerlukan.

“Masyarakat yang benar-benar miskin menurut data kami yang akan menerima bantuan ini,” tutupnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top