METROPOLIS

Percepatan Vaksinasi Covid-19, Pemkab Kutai Kartanegara Jemput Bola ke Sekolah

Vaksinasi pada Murid Sekolah yang Diadakan di Tenggarong Beberapa Saat Lalu. (Foto: Dok. Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Percepatan Vaksinasi Covid-19 terus digalakkan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Dan saat ini telah mulai dalam melakukan vaksinasi bagi anak-anak umur 6 sampai 11 tahun. Yang telah dilakukan mulai Jumat (14/1/2022) lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti saat ditemui Kate.id pada Senin (17/1/2022) kemarin. Vaksinasi disebut sebagai penunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kukar yang saat ini telah berjalan seratus persen.

“Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Dalam arti teman-teman Disdikbud mendata yang belum, kemudian menyiapkan tempat. Jadi kami akan jemput bola ke sekolah-sekolah,” ungkap Yuli sapaan akrabnya.

Dengan melakukan sistem jemput bola, pihaknya merekrut tenaga relawan. Yang kemarin sempat terhenti, kini direkrut lagi khusus untuk melakukan percepatan vaksinasi.

“Pengecekan dilakukan seperti melihat protokol kesehatannya, sudah sesuai belum jaraknya. Jumlahnya siswa yang masuk sudah yang penting physical distancing,” terang Yuli.

Terpisah, Wakil Bupati Rendi Solihin menyebut saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar beserta jajaran satgas mengejar vaksin bagi lansia. Sedangkan vaksinasi anak yang sebelumnya urung dilakukan karena vaksin lansia yang belum tembus 60 persen, kini telah dapat dilaksanakan.

“Tetapi kemarin berubah lagi aturan bahwa vaksin anak sudah boleh dimulai, jadi kita tidak boleh kalah start. Kita harus cepat untuk menggerakkan vaksin anak dan secara besar menggerakkan di setiap sekolah-sekolah dasar yang ada di Kabupaten Kukar,” beber Rendi kepada Kate.id, Rabu (19/1/2022) tadi.

Rendi juga mengatakan telah berdiskusi dengan Kapolres Kukar perihal vaksinasi ini. Bahwa sebenarnya sudah tiga hari yang lalu mereka berkomunikasi untuk percepatan vaksin ini. Sehingga tugas mereka adalah melakukan vaksinasi secara mobilisasi.

“Tugas kami di Pemkab Kukar adalah menginstruksikan untuk Dinas Kesehatan. Khususnya untuk puskesmas-puskesmas agar menyiapkan diri dan personel untuk turun lagi ke lapisan-lapisan masyarakat, khususnya lansia. Karena konsep kita door to door. Dan senin ini banyak titik yang kita sasar, sudah dapat 500 lebih yang telah divaksin,” pungkasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top