RAGAM

Ince Raden Jabat Rektor Unikarta, Siap Bawa Kampus Menuju PTN

Prof Ince Raden Saat Dilantik Sebagai Rektor Unikarta Periode 2021-2025. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) punya pemimpin baru. Adalah Prof Dr Ir Ince Raden MP, pria yang sebelumnya menjabat Wakil Rektor I, kini mendapat amanat sebagai Rektor Unikarta periode 2021-2025, menggantikan Erwinsyah. Pelantikan Ince dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Kutai Kartanegara (Kukar) Agus Setia Gunawan di Pendopo Odah Etam Bupati Kukar, Senin (17/1/2022).

Ince menyampaikan, pelantikan ini adalah momentum baginya maupun Unikarta untuk bisa meningkatkan kualitas kampus ke depan. Apalagi dengan apa yang sudah dicapai saat ini oleh rektor-rektor terdahulu.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada yang terdahulu. Terutama Pak Erwinsyah yang di masa periodenya telah banyak keberhasilan-keberhasilan yang dicapai. Dan tentunya saya melanjutkan apa yang beliau sudah capai saat ini,” ungkapnya.

Ince sendiri memiliki target yang akan dilaksanakannya saat menjabat. Di antaranya membenahi sembilan kriteria yang menurutnya harus diperbaiki. Mulai dari tata pamong, tata kelola, kemitraan, dunia mahasiswa, sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, keuangan, beserta output dan outcome hasil riset dan pengabdian dosen.

“Dan kami dorong juga mahasiswa supaya punya aktivitas yang banyak supaya nanti kampus atmosfer akademinya tumbuh dan berkembang,” terang Ince.

Ince juga menjawab pernyataan Bupati Kukar Edi Damansyah yang berharap Unikarta dapat berkembang lebih maju sehingga dapat menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Menurutnya harapan itu dapat dicapai. Menurut Ince, banyak yang harus dipersiapkan untuk menuju PTN, di antaranya terkait dengan SDM-nya, fasilitasnya, sarana prasarananya, dan luas lahannya.

“Karena untuk menjadi perguruan tinggi negeri itu ada syarat-syarat yang harus terpenuhi. Dan syarat-syarat itu harus kami penuhi agar nanti saat kami mau mengusulkan bisa tercapai,” jelasnya.

“Untuk menegerikan perguruan tinggi juga perlu komunikasi dengan yayasan maupun pihak-pihak lain supaya nanti semuanya bisa terselesaikan dengan baik,” imbuhnya.

Ince juga menegaskan target Unikarta bagi Kukar pada lima tahun dia menjabat ini, terutama menyambut ibu kota negara baru. Yakni peran perguruan tinggi yang menjadi garda terdepan untuk bisa menyelesaikan berbagai masalah yang dialami oleh daerah. Karena baginya perguruan tinggi juga menghasilkan lulusan-lulusan yang diharapkan bisa memberikan kontribusi buat percepatan pembangunan di daerah.

“Apalagi kita sudah sepakat untuk mengusung kewirausahaan, jadi ke depan kita berharap nanti kegiatan-kegiatan kewirausahaan bisa tumbuh dan berkembang di kampus kita,” pungkasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top