METROPOLIS

Prioritaskan Warga Tak Mampu, Pemprov Kaltim Bakal Wujudkan Ratusan Rumah Layak Huni

Gubernur Kaltim Isran Noor. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menjadi bukti peningkatan pelayanan bagi masyarakat Benua Etam. Sebab Gubernur Kaltim Isran Noor telah menandatangani nota kesepakatan kerja sama dengan Kodam VI Mulawarman untuk mewujudkan rumah layak huni.

Dikatakan Isran usai syukuran dan ramah tamah Peringatan HUT Pemprov Kaltim, pembangunan 500 rumah layak huni tersebut diprioritaskan untuk warga tidak mampu. Pembangunan itu diketahui berasal dari program CSR perusahaan yang ada di Kaltim, yang dijalankan selama lima tahun dan tersebar di sepuluh kabupaten/kota.

“Selain dana CSR, pendanaan juga berasal dari APBN maupun APBD karena ini adalah kolaborasi program Peningkatan Kualitas Kawasan Kumuh seluas 313,86 hektare,” ungkap mantan Bupati Kutai Timur itu saat dijumpai di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (10/1/2022).

Pada kesempatan serupa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda menambahkan, nilai pembangunan satu rumah dianggarkan sekitar Rp 100 juta.

“Dengan syarat penerima merupakan masyarakat berpenghasilan rendah, memiliki tanah sendiri, dan lahan tidak boleh disewa atau dipinjampakaikan,” terang Fitra.

Dari 500 unit rumah layak huni yang akan dibangun melalui CSR, sambungnya, setiap kabupaten/kota bakal dibangun 50 unit rumah dengan tipe 45 untuk bangunan kayu dan tipe 36 bangunan beton.

“Kalau di CSR dibangunkan, kalau pemerintah sendiri merehab dengan target per tahunnya lima ribu unit. Di tahun ini sekira seribu unit melalui APBD Provinsi Kaltim,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top