METROPOLIS

HUT Ke-50 Korpri, Bupati Harap ASN dan OPD Bantu Kawal Visi-Misi Kukar Idaman

Upacara Apel Gabungan dalam Rangka HUT Ke-50 Korpri di Kukar. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan upacara apel gabungan Korpri di Halaman Kantor Bupati, Senin (29/11/2021). Apel gabungan ini dalam rangka peringatan HUT ke-50 Korpri.

Bupati Kukar Edi Damansyah yang menjadi inspektur pada upacara ini meminta aparatur sipil negara (ASN) dan organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir tidak menjadikan momentum HUT Korpri ini sekadar seremoni. Atau hanya sekadar memenuhi tatanan normatifnya.

“Tetapi saya minta agar momentum ini dijadikan titik tolak untuk kita sama-sama melakukan perbaikan dan melakukan perubahan di Kabupaten Kukar. Keberadaan Korpri adalah wadah berkumpulnya para ASN, tentunya dengan kondisi kebijakan pemerintah yg berkaitan dengan rencana restruktur organisasi,” ungkap Edi.

Rencana restruktur organisasi yang Edi sebut ini masih ada beberapa model. Salah satunya ada yang berkeinginan Korpri tetap eksis keberadaannya, ada juga rancangan regulasi akan melebur nantinya menjadi bagian dari tugas di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ini bagian yang masih terus dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Tetapi saya tegaskan bahwa sampai pada hari ini Korpri masih berada di struktur Pemkab Kukar. Untuk itu saya berharap agar kita bisa melakukan introspeksi, melakukan evaluasi,” tegasnya.

Edi juga menyampaikan pada kesempatan ini, bahwa capaian kinerja Pemkab Kukar baik itu yang dilakukan oleh OPD-OPD terkait, khususnya yang berkaitan dengan layanan publik, telah mencapai hasil yang terbaik. Tidak hanya di Kukar, bahkan di tingkat nasional, seperti Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan pelayanan di Rumah Sakit.

“Kita sudah mencapai predikat nasional, dan ini tidak gampang. Tetapi ini bagian dari kerja dan kinerja teman-teman OPD dan ASN sekalian. Untuk itu saya berharap apa yang sudah dicapai ini agar terus dipertahankan dan ditingkatkan. Tidak ada hal yang tidak bisa kita perbaiki, tidak ada hal yang tidak bisa kita lakukan. Akan lebih baik lagi manfaatnya, manakala kita punya keinginan, manakala kita punya niat,” tutur Edi.

Dia juga meminta seluruh ASN dan OPD di Kukar bersama-sama meluruskan niat bagaimana keberadaan Korpri tidak hanya dari sisi fungsi dan tugas, tetapi lebih dari itu.

“Tekadkan bahwa keberadaan kita, baik selaku ASN, pejabat struktural, fungsional, yang sudah diberikan kepercayaan amanah. Saya hanya meminta bekerja, tentunya adalah bagimana harus tertanam, terpatri di jiwa dan hati. Bahwa apa yang kita lakukan ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat,” urainya.

Orang nomor satu di Kota Raja ini optimis bahwa perjalanan Korpri di Kukar sudah menuju kepada kondisi perbaikan dengan kinerja yg terukur. Berkaitan dengan bagaimana mereka bersama-sama mengawal visi-misi Kukar Idaman yang sudah ditetapkan di dalam Perda Nomor 6 Tahun 2021, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2021-2026.

“Mudah-mudahaan dengan semangat ultah Korpri ini kita khususnya ASN Korpri Kukar bisa terus melakukan perubahan. Bisa melakukan terobosan-terobosan yang baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan, maupun kinerja Pemkab Kukar. Tidak lain maksudnya bahwa apapun yang kita lakukan ini harus memberikan manfaat kepada masyarakat,” tutup Edi. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top