METROPOLIS

Peringatan HGN dan HUT PGRI, Guru Kutai Kartanegara Diharapkan Jadi Inspirasi

Wabup Kukar Rendi Solihin dalam upacara peringatan HGN dan HUT ke-76 PGRI di Kaltim Park Kuala Samboja Kecamatan Samboja, Jumat (26/11/2021). (Foto: Humas Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Para guru di Kutai Kartanegara (Kukar) diharapkan bisa selalu menjadi inspirasi bagi anak-anak didiknya. Harapan ini diutarakan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kaltim Park Kuala Samboja Kecamatan Samboja, Jumat (26/11/2021).

“Melalui momentum HGN dan HUT ke-76 PGRI, saya berharap para guru terus menginspirasi anak didiknya di Kutai Kartanegara secara luas. Sehingga misi kita bisa terwujud dalam menciptakan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia,” sebut Rendi.

Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini sangat serius dalam menyusun program pendidikan. Sebagaimana bisa dilihat dari penyusunan penganggaran yang dilakukan. Dalam hal ini Pemkab Kukar menganggarkan 25 persen dari kewajiban 20 persen anggaran APBD untuk dunia pendidikan.

“Hal tersebut terbukti dengan diperolehnya Bupati Award. Terkait pemerintahan terbaik seKaltim yang konsisten pada dunia pendidikan, di mana Kukar mengalokasikan anggaran sebesar 25 persen ke atas dari kewajiban 20 persen dari anggaran APBD setiap tahunnya,” beber Rendi.

Orang nomor dua di Kota Raja itu mengungkapkan, terdapat beberapa program dari anggaran yang ditetapkan tersebut. Meliputi beasiswa Kukar Idaman, beasiswa tematik, serta beasiswa bagi tenaga pengajar yang akan melanjutkan pendidikan namun terkendala ketiadaan biaya.

“Beasiswa tematik ini tidak seperti beasiswa pada umumnya. Beasiswa tematik ini yang kami berikan kepada putra-putri asli Kukar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan khusus. Misalkan Pemkab Kukar kekurangan tenaga dokter, kami sekolahkan dan setelah lulus kembali ke Kukar untuk mengabdi,” terang Rendi.

Selain beasiswa, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan serta Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik.

“Pemkab Kukar akan terus siap mendukung segala sesuatu terkait dunia pendidikan. Di antaranya sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidik khususnya SDMnya serta penganggarannya,” terangnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top