METROPOLIS

Disdikbud Gelar Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Kukar Emas

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid AN membuka PPK tahun 2021 tingkat SMP. (Foto: Dan/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) pada Sabtu (27/11/2021) menggelar pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Berlangsung di aula Disdikbud, PPK dinilai bermanfaat untuk bangsa Indonesia.

“PPK sangat bermanfaat untuk Indonesia. Jika karakter kita kuat, maka sangat mudah menuju Kukar Emas sepuluh tahun lagi,” ungkap Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor.

Dia menegaskan,PPK yang digelar sesuai visi dan misi Kukar Idaman (inovasi daya saing mandiri). Dengan visi mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan bahagia.

“Sejahtera itu memudahkan akses pembangunan diterima rakyat. Sedangkan bahagia, pada sisi karakter rakyat yang harus bahagia,” terangnya.

Penguatan karakter, sebut Thauhid, bisa dimulai dari hal yang kecil dan mudah dilaksanakan secara konsisten. Seperti membersihkan toilet, gotong royong. Kita harus selalu mengajak diri dan orang lain terus berbuat baik. Selain itu, ada juga Gerakan etam mengaji (Gema), yang juga program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Ini juga pembentukan penguatan karakter bagi masyarakat Kukar.

“Kalau belum cukup umur, jangan naik motor dahulu. Kalau sudah bisa naik motor, jangan terobos lampu merah,” ucapnya.

Kasi Peserta Didik dan Pembentukan Karakter SMP Kusrani mengatakan, ini merupakan PPK yang ketiga kalinya di tahun ini. Yang diikuti 28 SMP, dengan sasaran peserta guru pendamping dan dua orang pengurus OSIS.

“Kurang lebih total peserta sebanyak 80 orang,” sebut Kusrani. Selain itu ada pemberian hadiah sebagai pemenang Kompetisi Saint Nasional(KSN) dan Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2021.

Narasumber PPK, Kepala Pusdatin Disdikbud Kukar Pujianto memaparkan, bagaimana membentuk karakter pelajar Pancasila. Jangan sampai tidak semangat mencari Ilmu, agar terwujud kompetensi global sesuai Pancasila.

“Mewujudkan siswa berkualitas, harus punya sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, serta tanamkan integritas,” jelasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top