METROPOLIS

Dinkes Kutai Kartanegara Targetkan Pencapaian Vaksinasi hingga 70 Persen di Akhir Tahun

Kepala Dinkes Kukar Martina Yulianti. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) menargetkan pencapaian vaksinasi Covid-19 hingga 70 persen di akhir 2021 ini. Supaya segera mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Diungkapkan Kepala Dinkes dr Martina Yulianti, Kukar merupakan daerah pertama di Kaltim yang mencapai status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Hal ini terwujud berkat gencarnya vaksinasi yang dilakukan setiap harinya.

Perempuan yang karib disapa Dokter Yuli itu menyebut target vaksin per hari mencapai dua ribuan. Hal juga dapat tercapai karena bantuan pihak lain, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), walaupun program vaksinasi dari Dinkes Kukar masih dominan.

“Seperti kemarin perusahaan MHUcoal dan Yayasan Life After Mine, vaksin Gotong Royong, setelah itu ada juga vaksin dari Badan Intelijen Negara (BIN). Seperti biasa, intinya kami mengolaborasikan semuanya,” beber Yuli kepada para awak media usai menghadiri peluncuran aplikasi Pintu Sukses dan Sikda Generik di Hotel Grand Elty, Jumat (26/11/2021) kemarin.

Bahkan terhitung 23 November lalu, progres vaksinasi telah mencapai 57 persen. Dokter Yuli menyebut kemungkinan saat ini progresnya telah tercapai 60 persen.

Dari program vaksinasi ini, sambungnya, diharapkan dapat mencapai 70 persen pada akhir tahun untuk mencapai herd immunity. Sebagaimana menjadi target Kukar untuk percepatan program vaksinasi sesuai Surat Edaran Bupati Kukar. “Insyaallah, vaksinasi 70 persen akan tercapai sebulan lagi,” pungkasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top