METROPOLIS

Wabup Rendi Beberkan Prioritas Pemkab Kutai Kartanegara di Tahun Pertama RPJMD

Suasana Rapat Paripurna Ke-19 DPRD Kukar. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Tahun 2022 merupakan langkah tahun pertama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jarak Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026. Untuk mengawali pelaksanaan pembangunan, Wabup Kukar Rendi Solihin menyebut dilakukan prioritas pembangunan.

Prioritas ini yang diarahkan mulai dari penataan manajemen organisasi dan penguatan koordinasi perangkat daerah, peningkatan jangkauan dan akses layanan pendidikan yang bermutu, promosi dan penerapan perilaku hidup bersih, sehat, aman dan produktif.

Hal tersebut disampaikan Rendi membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah saat rapat Paripurna DPRD Kukar ke-19, terkait penyampaian nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar Tahun 2022, Kamis (25/11/2021) kemarin.

“Kemudian percepatan pembangunan desa sebagai basis produksi pangan dan pemberdayaan masyarakat. Peningkatan produktivitas, nilai tambah dan pendapatan dari pertanian, perkebunan, peternakan, dan kehutanan, peningkatan kemudahan perizinan investasi dan pengembangan kerjasama investasi,” beber Rendi.

“Penyiapan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah sebagai acuan pembangunan kawasan di lokasi IKN, penyediaan dan penataan perumahan dan permukiman, air bersih dan sanitasi yang sehat, layak dan aman, pemulihan daya dukung lingkungan dan penguatan mitigasi dan ketangguhan dalam penanggulangan bencana,” sambungnya.

Diketahui, APBD Kukar Tahun Anggaran 2022 telah masuk proses penyusunan raperda. Diawali dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

Atas dasar PPAS tersebut, kepala perangkat daerah menyusun rencana kerja dan anggaran, yang merupakan bahan penyusunan Raperda tentang APBD dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah tentang Penjabaran APBD. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top