METROPOLIS

Dinkes Kutai Kartanegara Luncurkan Inovasi Digital Pintu Sukses dan Sikda Generik

Sekda Kukar Sunggono bersama Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti dan Kepala Dinkes Provinsi Kaltim dr Padilah Mante Runa saat meluncurkan Aplikasi Pintu Sukses dan Sikda Generik. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali melakukan inovasi digital. Kali ini melalui Aplikasi Papan Indikator dan Sasaran Utama Keberhasilan Bidang Kesehatan (Pintu Sukses) dan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (Sikda) Generik. Peluncuran aplikasi ini dilaksanakan di Mulawarman Ballroom Grand Elty Singgasana Tenggarong, Jumat (26/11/2021).

Menariknya aplikasi ini merupakan pertama kali di Kaltim yang menggunakan layanan berbasis digital dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Kepala Dinkes Kukar dr Martina Yulianti menyebutkan, Sikda Generik merupakan sistem informasi dari Kemenkes. Untuk pelayanan dalam gedung yang telah digunakan 32 Puskesmas di seluruh Kabupaten Kukar.

Sedangkan Pintu Sukses adalah aplikasi buatan Dinkes Kukar sebagai dashboard capaian-capaian indikator kinerja yang berguna untuk melihat indikator pembangunan kesehatan masyarakat. Juga melihat beberapa cakupan-cakupan program sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang kesehatan.

“Aplikasi ini bisa dilihat secara real time. Sedangkan Sikda Generik sudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi yang penting lainnya seperti Pcare, dan JKN online. Jadi akan sangat membantu dan meringankan pekerjaan teman di lapangan,” terang perempuan yang karib disapa Dokter Yuli ini .

Inovasi digital dari Dinkes ini mendapat apresiasi Bupati Kukar Edi Damansyah, sebagaimana diwakilkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono. Disebutkan, tantangan penyediaan data bidang kesehatan sangat besar. Mengingat banyak sistem informasi kesehatan yang telah dikembangkan, sehingga diperlukan langkah terpadu untuk mengintegrasikan semua sistem tersebut.

“Hal ini diperlukan agar tidak menimbulkan permasalahan bagi fasilitas pelayanan kesehatan dalam melakukan pendataan dan penginputan dan mendukung terciptanya Satu Data Indonesia. Saya merasa bangga pada hari ini, karena Kutai Kartanegara telah mampu mengaplikasikan Sikda Generik yang merupakan aplikasi generik yang telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan. Bahkan telah diintegrasikan dengan PCare BPJS, Sisrute, SISDMK, dan JKN Online,” bebernya.

Edi juga menyampaikan, aplikasi adalah alat bantu dalam melakukan tugas dan fungsi dalam pekerjaan sehari-hari untuk memudahkan mengukur kinerja. Aplikasi ini menjadi penggerak alat bantu dan tersedianya sumber daya manusia yang kompeten.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungannya dalam pengembangan Sikda Generik di Kukar. Kepada Dinkes Kukar, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas upaya yang telah dilakukan dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas data dan informasi bidang kesehatan,” sebut Edi.

“Harapan saya agar awal yang baik ini dapat terus dipelihara dan dikembangkan. Untuk dapat terintegrasi dengan sistem informasi kesehatan yang lain. Dengan demikian kebutuhan data dan informasi kesehatan dapat dipenuhi dengan cepat dan akurat, dalam mendukung pengambilan keputusan strategis bidang kesehatan dan bidang lain yang terkait,” tutup Edi.

Sementara itu Sunggono juga menyampaikan terima kasihnya kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang merespon program Dedikasi Bupati melalui misinya digitalisasi pelayanan publik. Karena memang sistem Sikda Generik dan Pintu Sehat ini bisa berjalan sehingga semua data informasi bidang kesehatan bisa diketahui secara real time.

“Dan ini juga bisa terwujud karena kerja sama dengan Diskominfo Kukar. Bersinergi lebih kuat, sebagaimana nanti semua OPD melalui sistem terintegrasi,” pungkasnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top