EKONOMI & BISNIS

RMU BUMDes Sumber Purnama Diresmikan, Tingkatkan Produksi Petani Kutai Kartanegara

Sekda Kukar Sunggono saat Menandatangani Peresmian RMU BUMDes Sumber Purnama. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) meresmikan Rice Milling Unit (RMU) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama, Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kamis (25/11/2021). Sumber Purnama merupakan BUMDes pertama di Kaltim yang menerapkan program Agro Solution dengan RMU.

Mewakili Pemkab, Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Ketua BUMDes Sudarmadji beserta Kepala Desa Loh Sumber Sukirno. Karena sudah menginspirasi semua pihak bahwa ternyata ada hasil karya yang monumental dari desa. Sehingga bisa meningkatkan penghasilan petani melalui RMU atau mesin penggiling beras ini.

Nantinya diharapkan RMU bisa menjadi bagian dari pemasok petani yang selama ini terkendala dalam pemasaran maupun pascaproduksi. “Kami berharap mudah-mudahan melalui apa yang sudah dirintis BUMDes ini bisa diperluas cakupan kerja samanya dengan desa-desa lain. Kemudian produksinya bisa lebih meningkat,” terangnya.

“Sebenarnya siaga pemasaran kita adalah bagaimana supaya RMU ini bisa efisien. Karena kalau hanya memproduksi selama empat bulan itu banyak waktu yang tidak produktif. Dan itu menyebabkan biaya produksi yang tinggi juga untuk BUMDes ini,” ungkap Sunggono.

Dia berharap dengan cakupan kerja sama ini, produksi petani di Kukar bisa meningkat dan meningkatkan kepercayaan petani pada RMU. Sehingga nanti bisa berproduksi lebih baik dan memberikan nilai tambah untuk semua pihak, bukan hanya untuk BUMdes Sumber Purnama, tetapi juga para petani secara keseluruhan.

Sekda Kukar,Sunggono saat Melakukan Pemantauan Proses Penggilingan Beras RMU BUMDes Sumber Purnama. (Foto: Elmo/Kate.id)

Sunggono mengatakan, alat penggiling beras ini adalah karya pribadi BUMDes. Harapannya karya ini bisa dibantu untuk dipatenkan.

“Sehingga nanti karya ini bisa kita jadikan role model, bisa dimodifikasi untuk tempat lain. Karena memang tidak semua bisa melakukannya. Semoga karya Pak Sudarmadji ini bisa dipatenkan, bagaimana khusus penggilingan padi ini bisa efisien,” urainya.

Harapan lainnya yaitu bagaimana RMU ini bisa ikut menciptakan swasembada bagi Kukar sebagai penyumbang hampir 40 persen kebutuhan padi di Kaltim. “Dan saya sampaikan juga untuk coba memperkuat lagi, dalam memastikan kita mampu untuk menjadi lubuk padi di wilayah Kaltim,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Loh Sumber Sukirno menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas peresmian RMU ini. “Mudah-mudahaan ke depan nantinya apa yang memang kami programkan melalui BUMDes Sumber Purnama ini dalam program agrosolusinya, bagaimana ke depan kita bisa melakukan pembinaan kepada seluruh petani yang. Mudah-mudahan sampai ke Kukar bahkan ke Kaltim,” tutupnya. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top