METROPOLIS

ANRI Sarankan Pemkab Kutai Kartanegara Memperkuat Sistem Kearsipan

Bimtek sistem kearsipan terintegrasi melalui aplikasi Srikandi, yang digelar ANRI. (Foto: Dan/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Widyaswara Utama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Sumrahyadi menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk memperkuat sistem kearsipannya. Serta bersiap memakai sistem e-Arsip berbasis digital.

Saran ini disampaikan dalam bimbingan teknis (Bimtek) sistem kearsipan terintegrasi melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (Srikandi) yang digelar ANRI di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Rabu (24/11/2021).

Sumrahyadi menjelaskan, yang menjadi ciri khas Kukar dan tercatat sebagai sejarah, idealnya harus memiliki arsip yang mumpuni dan permanen di tingkat daerah. Dalam hal ini program Srikandi akan diterapkan secepatnya di Kukar.

“Kukar ini, punya Jembatan Kukar yang besar dan megah. Ini bagus juga. Jika memiliki arsipnya sangat bagus, apalagi dikerjakan oleh tenaga kerja lokal,” ungkap Sumrahyadi.

Dia mengurai, persoalan yang terjadi pada sistem kearsipan di tanah air salah satunya jumlah tenaga Jabatan Fungsional Arsiparis (JFA) sangat sedikit di Indonesia. “Jumlah arsiparis Kukar masih minim, hanya lima orang dari formasi sebanyak 114 orang,” sebut Sumrahyadi.

Apabila jumlah arsiparisnya sudah memadai, juga dilakukan peningkatan kualitas tenaga arsiparis. Bisa dilaksanakan dengan pendidikan dan pelatihan (diklat) pengangkatan arsiparis klasifikasi terampil atau ahli. Juga memberi pembekalan juga kepada pengelolaan kearsipan melalui program kesetaraan.

“Ada juga ditemukan kasus ASN di bidang pemakaman dipindah jadi pimpinan kearsipan. Ini harus dilakukan penyesuaian dan diklat tambahan, serta persetaraan jabatan,” jelasnya.

Dalam peningkatan kapasitas tenaga arsip, Pemkab Kukar bisa melakukan kerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang punya program study Kepustakaan atau arsiparis. “Karena aplikasi Srikandi akan diterapkan, harus disiapkan tenaga arsiparis yang andal, ” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar Ahmad Yani menjelaskan, dari Bimtek yang dilakukan ANRI tersebut, akan ada Bimtek lanjutan di tingkat Kabupaten. “Kami akan melakukan pembekalan juga di tingkat Kabupaten. Kami rencanakan akhir bulan ini, akan menggelar Bimtek tenaga kearsipan,” sebutnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top