EKONOMI & BISNIS

Pemkab Kutai Kartanegara Antisipasi Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Akhir Tahun

Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat. (Foto: Dok. Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal melakukan operasi pasar dan inpeksi mendadak (sidak) di pasar. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang akhir tahun dalam momen Natal dan Tahun Baru 2022.

Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat mengatakan, dalam pengendalian harga dan ketersediaan salah satunya kegiatan operasi pasar dan pasar murah. Keduanya menjadi agenda rutin Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar untuk menyambut hari besar keagamaan.

Pasar Murah dilakukan bekerja sama pihak distributor. Dalam hal ini Pemkab hanya mensubsidi biaya ongkos angkut pihak ketiga atau distributor.

“Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sekaligus ketersediaan bahan pokok, saat jelang natal 2021 dan tahun baru 2020, akan dilakukan pemantauan dan sidak, dilakukan di pasar – pasar didampingi Tim Pengendalj Inflasi Daerah (TPID) Pemkab Kukar, kepolisian, Satpol PP dan Satgas Pangan,” urainya usai mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Stabilitasi Harga dan Ketersediaan Barang Kaltim, Selasa (23/11/2021).

Dalam Rakorda tersebut, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan ketersediaan bahan pokok di Kaltim masih aman dan terkendali. Untuk kebutuhan pokok di Kaltim tercukupi hingga 60 hari ke depan. Hadi juga mengatakan persiapan menjelang Nataru kali ini masih sama dengan tahun sebelumnya di tahun

“Wagub mengimbau kepada dinas terkait di wilayah Kabupaten/Kota untuk menjalankan langkah-langkah agar ketersediaan bahan pokok cukup dengan harga yang terjangkau,” terang Ahmad Taufik. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top