FILM

Gelar Wicara Kabar Kawula Muda Kutai Kartanegara Bahas Film Lokal Daerah

Kabid Ekraf Dispar Kukar, David Haka bersama Anggota DPRD Kukar yang juga Produser Film Perisai Mahakam, Ahmad Zulfiansyah dan Wakil Ketua Kekraf, Akbar Haka saat Berbincang bersama di Acara Kabar Kawula Muda. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar gelar wicara Kabar Kawula Muda bertema ‘Support Film Lokal Daerah” di Kawasan CBD Tenggarong, Rabu (24/11/2021). Kegiatan ini membahas film lokal bertajuk ‘Perisai Mahakam’.

Film bergenre komedi aksi ini dinilai menarik karena menunjukkan kearifan lokal Kukar, seperti budaya, pariwisata, bahkan menggunakan dialog berbahasa Kutai. Semua hal tersebut dianggap menunjukkan pesona dari Kukar.

“Karena ini merupakan salah satu subsektor unggulan di Kukar, jadi pembicaraan hari ini menunjukkan ke masyarakat luas kalau subsektor ini sangat penting menjadi salah satu daya tarik wisata. Karena di film Perisai Mahakam ini kearifan lokal kita diangkat. Ada budaya, pariwisata juga, dengan genre aksi, komedi, dan drama. Sampai talent-talent-nya juga orang lokal,” ungkap David Haka selaku Kabid Perkembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar.

Film Perisai Mahakam ini, bebernya, adalah kerja sama Anggota DPRD Kukar Ahmad Zulfiansyah sebagai penggagas bersama Dispar Kukar. David juga menyampaikan film ini termasuk dalan program kerja Bupati Kukar Edi Damansyah. Yakni melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), terkait dengan Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman. Perisai Mahakam ini termasuk di subsektor film.

Dijelaskan, di Kukar ini terdapat 80 sineas yang terdaftar dan masih aktif. Mereka tersebar di berbagai kecamatan. Dalam Mahakam Pride Festival Film Pendek 2020 silam musalnya, sineas yang mengirim film mencapai hampir 60 orang.

“Untuk di Wilayah Tenggarong saja, untuk Sineas yang andal ada tujuh sampai delapan orang. Maka dengan itu kami (Dispar, Red.) terus melakukan pembinaan. Salah satunya seperti tahun kemarin kami mengadakan Mahakam Pride, dan tahun ini kami membuat Perisai Mahakam dengan melibatkan kawan-kawan sineas dari Kukar. Dan mudah-mudahan tahun depan kami akan buatkan lagi kegiatan terkait workshop pembuatan film,” beber David.

Tujuan membuat workshop ini, sambungnya, supaya mungkin pelajar-pelajar yang masih sekolah atau telah lulus tertarik dalam membuat film. “Jadi yang hobi memang membuat film, ini bisa menjadi wadahnya sebagai potensi barunya,” sebutnya.

“Jadi nanti akan ada Festival Film Mahakam Pride lagi, mungkin tingkatnya akan lebih besar, rencana tingkat nasional. Karena tahun lalu lingkupnya masih di Kaltim, mungkin bisa masuk semua orang, supaya menantang sineas-sineas lokal kita juga di Kukar. Sehingga mereka tidak kalah saing dengan daerah lain di Pulau Jawa. Manti ada kelas workshop juga kita buat dalam rangkaian kegiatan itu, dan layanan film-film pendeknya,” urai David.

Selain David Haka, hadir dalam gelar wicara ini Anggota DPRD Kukar Ahmad Zulfiansyah selaku Produser Perisai Mahakam dan Wakil Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Akbar Haka. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top