POLITIK

Wakil Ketua DPRD Kaltim Tanggapi Dorongan Pembentukan Pansus Tambang Ilegal

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo menanggapi dorongan dari Komisi III DPRD Kaltim yang menginginkan agar dapat dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Pertambangan. Dia ingin masalah tambang ilegal hendaknya diselesaikan dahulu oleh komisi terkait.

Menurut Sigit, Komisi III dapat lebih dahulu melakukan koordinasi ataupun Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan instansi terkait, misalnya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Selesaikan dahulu di Komisi. Saya membijaksanai, jangan sampai sedikit-sedikit muncul Pansus,” terang Sigit, Jumat (19/11/2021).

Adapun dari imbauan itu, Sigit ingin DPRD dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tetap mengawal bersama-sama mengenai kasus tambang ilegal di daerah. Meskipun kewenangan penindakan sudah berada di pemerintah pusat berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Mineral dan Batu Bara (Minerba).

“Artinya kerja sama dahulu, kalau enggak ada titik temu nanti bisa sama-sama ke Kementerian ESDM,” beber Sigit.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud ingin agar segera dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Pertambangan. Pria yang akrab disapa Hasan itu menyebutkan, sejak 2020 lalu usulan pembentukan Pansus Pertambangan memang sempat mencuat.

Namun akibat pandemi Covid-19, usulan tersebut meredup. Menurutnya, Pansus pertambangan harus dibentuk untuk meminimalisasi kasus tambang ilegal di Kaltim.

“Supaya ada corongnya gitu lho. Kalau Komisi III saja, enggak bisa, Pansus yang paling tepat. Saya mendesak secara pribadi untuk segera dibentuk,” ujar Hasan saat ditemui di Kantor DPRD Kaltim, Rabu (17/11/2021). (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top