POLITIK

Ketua DPRD Kutai Kartanegara Wujudkan Bantuan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid saat Menyerahkan Bantuan Kepada Pokdakan Desa Perjiwa. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid melakukan kegiatan Pengadaan Keramba Jaring Apung (KJA), benih dan pakan ikan kepada Kelompok Pembudidaya Ikan Kecil (Pokdakan) Seberang, Kecamatan Tenggarong Seberang, Rabu (17/11/2021). Digelar di Balai Benih UPT Dinas Kelautan dan Perikanan Desa Perjiwa, kegiatan ini merupakan aspirasinya bersama pemerintah daerah di Desa Perjiwa dalam membantu meningkatkan ekonomi masyarakat yang bekerja di sektor perikanan.

“Karena aspirasi anggota tidak hanya berupa kegiatan-kegiatan yang bersifat fisik saja. Tetapi hal seperti ini juga jadi komitmen bagi kami dalam rangka bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat di Kukar. Ini adalah aspirasi dari Pokdakan Seberang yang membutuhkan keramba. Tentunya melalui pembahasan kami di anggaran dan melalui pokok-pokok pikiran saya, ini bisa diperjuangkan,” ungkapnya.

Rasid bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, Muslik berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan. Karena pemerintah daerah hanya memberi infrastruktur atau memberi pancingan saja, tetapi untuk pengembangannya hanya masyarakat yang bisa melakukannya.

“Jadi harapan kami bantuan ini dapat dikembangkan dan dilanjutkan. Walaupun sekarang hanya dapat bantuan sebanyak 12 keramba, tetapi kami harapkan bisa dikelola dengan baik. Kemudian pada saat panen bagaimana hasil panen bisa disisihkan untuk beli bibit, pakan, sehingga bisa berkelanjutan,” ujar Rasid.

Dia mengatakan apabila pengelolaannya bagus, Pokdakan ini bisa berkembang yang pada awalnya 12 unit keramba, nantinya bisa mencapai 20 unit. “Makanya saya mengharapkan ini bisa dikelola dan diurus dengan baik. Maka saya juga minta dengan jajaran DKP untuk dimonitor, bagaimana kelompok ini bisa memberi manajemen yang baik dalam pengelolaan. Sehingga bisa berkembang dengan baik,” harapnya.

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid saat Menyerahkan Bantuan Kepada Pokdakan Desa Perjiwa. (Foto: Elmo/Kate.id)

Rasid berkata apabila pengelolaannya baik, pasti akan didukung sepenuhnya. Karena jajaran pemerintah hanya memberikan fasilitas, tinggal kelompoknya saja bagaimana mengembangkan bantuan ini. Sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomis yg dapat meningkatkan ekonomi kelompok mereka.

“Karena juga Desa Perjiwa ini memiliki sektor perikanan dan potensi yang luar biasa. Sebagaimana sepanjang Perjiwa sampai ke Loa Pari adalah sektor perikanan, maka kami harapkan kedepan lebih baik lagi. Semoga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di Kukar, khususnya di Desa Perjiwa dan sekitarnya,” tutup Rasid. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top