FILM

Film ‘Perisai Mahakam’ Perkenalkan Budaya dan Pariwisata Kutai Kartanegara

Para pelajar SMPN 1 Tenggarong menonton film 'Perisai Mahakam'. (Foto: Humas Pemkab Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Film thriller ‘Perisai Mahakam’ mulai ditayangkan untuk para pelajar Kutai Kartanegara (Kukar). Selasa (16/11/2021), film ini diputar di SMPN 1 Tenggarong dalam rangka sosialisasi, sebelum nantinya diluncurkan di Kecamatan Muara Wis pada awal Desember mendatang.

Film Perisai Mahakam memiliki jalan cerita yang berkaitan dengan kultur budaya Kutai. Narasi dialog dalam film ini pun sepenuhnya masih menggunakan bahasa Kutai, dengan para pemerannya merupakan putra-putri asli Kukar.

Penggagas film Perisai Mahakam, Ahmad Zulfiansyah menjelaskan, banyak pesan yang disampaikan dalam film lokal ini. Terutama berkaitan dengan destinasi wisata hingga produk UMKM Kukar dan lain sebagainya. Diharapkan film Perisai Mahakam dapat menambah daya tarik dan menjadi trending topic di daerah.

Film bergenre action comedy ini diperankan putra-putri terbaik Kukar. Beberapa di antaranya adalah peraih medali emas PON Papua, bahkan ada yang meraih medali perunggu dalam event Kempo Internasional di San Francisco beberapa tahun silam.

“Selain sebagai apresiasi kepada anak-anak kita sekaligus juga membina dan mengembangkan potensi putra-putri daerah.”paparnya.

Zulfiansyah menyebutkan, awal pembuatan film ini hanya diplot sebagai short movie. Namun dalam perjalanannya berkembang menjadi film panjang yang berdurasi satu jam. Perubahan ini juga didukung oleh OPD terkait seperti Dinas Pariwisata, Diskominfo, Disdik dan lainnya.

“Harapan kami, film yang dibuat menjadi kebanggaan masyarakat, dan menjadi daya tarik terhadap pihak luar untuk berkunjung ke daerah kita. Apabila film ini mendapat respon yang baik dan mengarah ke tontonan komersial nantinya, tentu kami juga berkewajiban membuatkan regulasi terkait reward atau royalty bagi anak-anak kita yang terlibat dalam film ini, sekaligus bisa meningkatkan PAD Kukar,” urainya.

Anggota DPRD Kukar ini menjelaskan, pembuatan film tersebut merupakan langkah awal. Diharapkan nantinya seni dan budaya asli Kukar dapat ditampilkan dalam film-film berikutnya.

“Tujuan pembuatan film ini merupakan bentuk apresiasi kepada para atlet kempo, kelompok milenial, dan kelompok seni hadrah. Tujuannya untuk menjual destinasi pariwisata Kukar, olahraga tradisional, serta membangkitkan geliat UMKM yang ada di Kukar,” beber Zulfiansyah.

Menurutnya, Kukar memiliki banyak keindahan panorama alam yang perlu dieksplorasi. Karena itu Zulfiansyah berharap film Ini bisa menjadi ajang promosi daerah dan menumbuhkan minat bakat menjadi insan perfilman di masa yang akan datang, khususnya di Kukar. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top